UTBK 2020, Peserta Hanya Boleh Satu Kali Tes

    Ilham Pratama Putra - 06 April 2020 18:18 WIB
    UTBK 2020, Peserta Hanya Boleh Satu Kali Tes
    Ilustrasi. Foto: ANT/Indrianto Eko Suwarso
    Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jadwal terbaru UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), baik pendaftaran dan pelaksanaan.  Gelaran UTBK pada tahun ini dirampingkan, peserta UTBK hanya boleh mengikuti satu kali tes. 

    "Setiap peserta hanya diperbolehkan mengambil tes sebanyak satu kali," kata ketua LTMPT, Mohammad Nasih lewat Surat Edarannya yang diterima Medcom.id, Senin 6 April 2020.

    Baca juga:  Jadwal Terbaru UTBK dan SBMPTN, Pendaftaran Dibuka 2 Juni

    Wakil Ketua II LTMPT, Sutrisna Wibawa menjelaskan, bahwa kebijakan tersebut diambil dengan mempertimbangkan status tanggap darurat Korona yang akan berakhir 29 Mei 2020. "Kemarin sudah kita rapatkan, ini persoalannya di teknis waktu, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menetapkan sampai 29 Mei kan daruratnya, maka skenario sementara untuk UTBK tinggal bulan juni. Jadi Juni harus dilakukan, kemudian pendaftaran SBMPTN karena Juli harus sudah diumumkan, terus lanjut masuk ke Seleksi Mandiri," ungkap Rektor UNY ini.

    Terbatasnya waktu pelaksanaan UTBK itu pula, kata Sutrisna, yang membuat pelaksanaan UTBK hanya akan digelar satu kali untuk setiap satu peserta.  Kebijakan ini berbeda dengan kebijakan sebelumnya, yang memberikan dua kali kesempatan kepada peserta untuk mengikuti UTBK.

    "Tapi jangan khawatir, karena pengalaman tahun lalu UTBK dua kali pun nilai peserta hampir sama hasilnya. Perbedaannya tidak signifikan.  Jadi ini dibuat efektif, yang penting siapkan diri, belajar, nanti nilai akan maksimal, optimis saja," seru Sutrisna.

    Pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020. Namun akhirnya bergeser pada 2 Juni hingga 20 Juni 2020.  Sedangkan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 20 April 2020 diundur menjadi tanggal 5-12 Juli 2020.

    Baca juga:  2020, Peserta Boleh Dua Kali Ikut UTBK

    Keputusan tentang penundaan jadwal pendaftaran dan pelaksanaan UTBK diambil atas kondisi nasional yang tengah menghadapi wabah virus korona atau coronavirus disease 2019 (covid-19).

    "Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi Tujuan," jelas Nasih.

    Lebih lanjut, pengumuman SBMPTN sendiri nantinya akan dilakukan pada 25 Juli 2020. Surat Edaran dengan nomor 11/SE.LTMPT/2020 ditujukan untuk Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan Rektor Perguruan Tinggi Negeri hingga siswa para siswa SMA, MA dan SMK.




    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id