Kebangkitan Nasional Erat dengan Gerakan Pemuda

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 22 Mei 2020 17:15 WIB
    Kebangkitan Nasional Erat dengan Gerakan Pemuda
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Sejarawan Bonnie Triyana menyampaikan peran pemuda sangat berkaitan dengan kebangkitan nasional. Para pemuda diharapkan membawa perubahan-perbahan yang esensial.

    Bonnie menuturkan, sejarah mencatat pemuda merupakan peletak dasar perubahan di Indonesia. Pemuda juga menjadi faktor perubahan, yang diinisiasi melalui Budi Utomo, organisasi pemuda di masa penjajahan.

    "Menjadi faktor setiap perubahan, salah satunya Budi Utomo Milestone diinisiasi anak-anak muda dari Stovia," kata Bonnie dalam diskusi daring bertajuk 'Anak Bangsa Bicara Kebangkitan Nasional', Jumat, 22 Mei 2020.

    Bonnie menambahkan dalam Budi Utomo pembahasan tentang kebangsaan sangat progresif, hingga memunculkan paham nasionalisme modern. Dalam nasionalisme modern, kata dia, terdiri dari agama yang berbeda-beda.

    "Dan tidak mengacu angka statistik. Nasionalisme modern itu embrionya sudah ada di Budi Utomo,” jelasnya.

    Baca: Sejarawan: Kebangkitan Nasional Lekat dengan Peristiwa Budaya

    Organisasi Serikat Islam mempunyai peran dalam kebangkitan nasional. Terutama, ketika dinahkodai Haji Oemar Said Tjokroaminoto. H.O.S Tjokroaminoto melakukan Kongres Nasional tahun 1916, yang menjadi penanda adanya kesadaran nasional untuk bangkit. 

    "Serikat islam menetapkan setiap cabang punya otonomi dalam kongres keterwakilan dari berbagai tempat mencerminkan nasionalisme,” terangnya.

    Menurut Bonnie, peringatan Kebangkitan Nasional atau Kebangunan Nasional ini sengaja dibuat Presiden Soekarno untuk membagkitkan kembali kesadaran nasionalisme bangsa Indonesia.

    "Bung Karno meminta KI Hadjar Dewantara melakukan penelitian, momentum apa yang bisa untuk mempersatukan cara orang kemabali ingat dan bangkit,”  ungkapnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id