Hari Pertama, 1.708 Siswa Ikuti UTBK-SBMPTN di UI

    Arga sumantri - 12 April 2021 14:58 WIB
    Hari Pertama, 1.708 Siswa Ikuti UTBK-SBMPTN di UI
    Suasana UTBK di FISIP Universitas Indonesia (UI) Depok. Foto: Humas Universitas Indonesia (UI).



    Depok: Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 dimulai hari ini. Pada hari pertama, sebanyak 1.708 peserta mengikuti UTBK di Universitas Indonesia (UI).

    "UTBK pada pelaksanaan hari pertama ini diikuti oleh 1.708 peserta dengan rincian 953 peserta untuk sesi pertama dan 755 peserta untuk sesi kedua," ujar Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia melalui keterangan tertulis, Senin, 12 April 2021.






    Ketua Pusat UTBK UI Abdul Haris mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 22 lokasi ujian, dengan rincian 16 lokasi ujian di Kampus Depok dan 6 lokasi ujian di Kampus Salemba. Total, ada 51 ruang ujian dan 953 unit komputer, ditambah 148 unit komputer cadangan.

    "Di setiap ruang ujian terdapat 2 petugas, yaitu pengawas dan teknisi ruang ujian (lab komputer)," ujar Haris.

    Baca: UNJ Sediakan Swab Antigen Gratis untuk 5.000 Peserta UTBK-SBMPTN

    Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI itu menerangkan, dalam upaya menjaga kelancaran pelaksanaan UTBK 2021, UI melakukan berbagai upaya untuk menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penularan covid-19. Ada juga panduan dari panitia pusat. 

    "Kami berharap semua peserta dan para orang tua bisa bekerja sama untuk sama-sama meminimalisir risiko penyebaran covid-19," ungkap Haris.

    UI melakukan pengaturan sistem sirkulasi udara pada semua lokasi ujian agar memenuhi standar kesehatan. Misalnya, melakukan pembersihan ruangan sebelum dan sesudah ujian dilaksanakan, melakukan disinfeksi filter AC, mengoptimalkan sirkulasi udara segar di dalam ruangan. Selain itu, UI juga menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di seluruh lokasi ujian.

    Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung 12-18 April 2021, dan gelombang kedua pada 26 April-4 Mei 2021. Adapun keterpenuhan yang memilih pusat UTBK UI dari total kapasitas adalah 97,2 persen yaitu 28.604 peserta.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id