Pengabdian Masyarakat

    Guru Besar UI Sosialisasikan Program Sehat Lawan Covid-19

    Citra Larasati - 06 Oktober 2020 16:13 WIB
    Guru Besar UI Sosialisasikan Program Sehat Lawan Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta:  Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) bersama para akademisi UI lintas disiplin ilmu, menggelar rangkaian seminar daring bertajuk “Program Sehat Lawan covid-19” bagi masyarakat umum. Seminar daring akan berlangsung sebanyak lima kali, mulai dari bulan September-November 2020. 

    Tim Pengmas multidisiplin ilmu ini menggandeng para pakar UI dari empat bidang keilmuan, yaitu farmasi, kedokteran, psikologi, dan kimia.  Sebagai rangkaian pertama, Tim Pengmas menyelenggarakan seminar dengan tema “Tantangan Penularan SARS CoV-2 Menghadapi Era Kebijakan Normal Baru (The New Normal)”.

    Seminar edukasi ini menghadirkan dua narasumber yaitu Ratika Rahmasari, M.Pharm.Sc., Apt., Ph.D (Staf Pengajar FFUI), dan Dr. Rulliana Agustin, M.Med.Ed. (Staf Pengajar FKUI). Melalui kegiatan ini, kami berupaya memberikan pemahaman terkait penyebab, penularan, penyakit, dan pencegahan covid-19. 

    Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat umum dan memutus rantai penularan covid-19. Seminar perdana tersebut dapat disaksikan pada laman https://youtu.be/YI3B03lHokY.

    Guru Besar UI, Prof. Berna Elya mengatakan, antusiasme masyarakat dalam menerima program ini sangat tinggi.  Tercatat, tidak kurang dari 400 peserta mendaftarkan dirinya dan menyaksikan seminar perdana.

    Melalui kegiatan ini, Berna berharap masyarakat dapat teredukasi secara mendalam, memadai, dengan landasan dasar ilmiah, dan dapat dipercaya karena bersumber dari pakar masing-masing bidang. "Selain itu, kami juga mengemas seminar dengan bahasa yang lebih mudah dipahami dan tampilan yang lebih menarik bagi masyarakat. Kami juga mengajukan solusi ilmiah program sehat dan mudah diaplikasikan pada masyarakat," terangnya.

    Baca juga:  Tangani 'Krisis' Sektor Pariwisata, Kampanye Protokol Kesehatan Perlu Dikedepankan

    Seminar online series pertama ini merupakan upaya edukasi jarak jauh yang dilakukan oleh akademisi UI terkait penyakit covid-19, gejala dan penularannya sesuai data terkini secara ilmiah yang ada. Selain itu, Tim Pengmas juga melakukan kajian mengenai penularan covid-19 yang dihubungkan dengan adanya kebijakan adaptasi kebiasaan baru yang kini telah dipersiapkan oleh pemerintah.

    Pada setiap sesi seminar daring, masyarakat akan diberikan kuesioner pre-test dan post-test menilai tingkat pengetahuan dan penerapan pencegahan infeksi covid-19 yang telah dilakukan.

    Apa yang dilakukan guru besar UI ini selaras dengan program Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 baru-baru ini, yakni mengampanyekan #ingatpesanibu.  Pemerintah mengangkat sosok ibu dalam mengampanyekan bahaya penyebaran virus korona.

    Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin dalam menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan mengaja jarak).
     
    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id