comscore

Dirjen Dikti: Tak Lolos SBMPTN 2022 Adalah Keberhasilan yang Tertunda

Ilham Pratama Putra - 24 Juni 2022 16:43 WIB
Dirjen Dikti: Tak Lolos SBMPTN 2022 Adalah Keberhasilan yang Tertunda
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam. Foto: Zoom
Jakarta: Calon mahasiswa yang belum berhasil lolos seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) diminta untuk tidak patah semangat. Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam mengatakan, masih banyak jalur untuk menuju kesuksesan di kemudian hari.

"Yang belum berhasil, itu adalah keberhasilan yang tertunda. Masih banyak pintu-pintu keberhasilan yang lain yang insya Allah menanti adik-adik sekalian untuk membukanya. Jadi jangan langsung patah semangat. Tetap semangat," ujar Nizam dalam konferensi pers di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.
Nizam mengatakan, ada seribu jalan menuju sukses. Karena itu, dia menyampaikan, jangan hanya karena tidak lolos UTBK-SBMPTN calon mahasiswa menjadi patah semangat. 

Dia ingin calon mahasiswa yang tidak lolos UTBK-SBMPTN tetap semangat dalam meraih cita-citanya ke depan. "Jadi jangan hanya gara-gara tidak lolos seleksi jalur SBMPTN kemudian mutung begitu ya. Tetap semangat raih cita-cita dan belum berhasil itu adalah keberhasilan yang tertunda," kata dia.

Diketahui sebanyak 800.852 orang peserta mengikuti UTBK-SBMPTN 2022. Dari jumlah tersebut, yang berhasil lolos ada sebanyak 193.810 orang peserta atau 24,07 persennya.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mochamad Ashari merinci lebih lanjut total penerimaan mahasiswa tersebut berdasarkan kelompok ujian Saintek dan Soshum. Untuk di kelompok ujian saintek, dari total peserta 359.791 orang, yang diterima hanya 24,65 persennya atau 88.703 orang.

Untuk soshum dari total peserta 372.714 orang, yang diterima 86.801 orang atau 23,29 persennya.  "Untuk yang campuran pesertanya 68.347, yang diterima 17.306 atau 25,32 persennya," jelas Ashari.

Baca juga:  Info Lengkap Seleksi Mandiri UNS Program Sarjana dan Diploma 2022



(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id