comscore

Pertama di Indonesia, ITS Resmikan Prodi S2 Magister Desain Interior

Renatha Swasty - 30 Juni 2022 19:06 WIB
Pertama di Indonesia, ITS Resmikan Prodi S2 Magister Desain Interior
Ilustrasi ITS. DOK ITS
Jakarta: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menunjukkan keseriusan memajukan pendidikan di Indonesia. Departemen Desain Interior ITS resmi menghadirkan Program Studi (Prodi) S2 Magister Desain Interior pertama di Indonesia untuk menunjang karier desainer hingga akademisi desain.

Kepala Prodi Pascasarjana Desain Interior ITS Firman Hawari mengatakan prodi tersebut diciptakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam analisis, manajemen, hingga estetika desain interior. Dia mengatakan prodi ini telah menjadi pelopor Prodi Magister Desain Interior di Indonesia. 
“Tujuan prodi ini tentu berkiblat pada Buku Panduan Proyek Desain Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2020,” tutur dia. 

Firman menjelaskan prodi tersebut akan berfokus mengasah empat keilmuan desain interior, yakni inovasi manajemen desain, sains dan teknologi interior, psikologi interior, serta sosial budaya dan estetika. “Dengan ilmu tersebut, mahasiswa S2 nanti akan memiliki kemampuan untuk menyinergikan setiap jenjang kompetensi pada profesi mereka masing-masing,” tutur dia. 

Dosen Departemen Desain Interior tersebut menuturkan prodi ini akan mengadakan sistem perkuliahan berbasis jam malam hingga tatap muka. Dia menyebut perkuliahan jarak jauh (PJJ) masih dalam tahap perancangan oleh dosen Desain Interior ITS. 

“Sistem ini kami adaptasi dari Magister Manajemen Teknologi (MMT) dengan harapan mahasiswa nanti dapat melakukan perkuliahan dengan nyaman,” ujar dia. 

Adapun Magister Desain Interior ITS berisi 36 jumlah satuan kredit semester (SKS) dengan beberapa mata kuliah pilihan. Yakni Desain Kontekstual, Green Design, Desain Interior Inklusi, serta Konsep dan Inovasi Interior. 

“Mata kuliah tersebut tentunya akan dibimbing oleh dosen kami yang berkompeten dan fasilitas yang memadai,” ucap dia. 

Firman berharap dengan diresmikannya prodi tersebut, Magister Desain Interior ITS akan menghasilkan alumni yang bersifat problem solver dalam hal manajerial hingga konseptual desain interior. “Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses laman kami di Program Magister Departemen Desain Interior ITS,” tutur Firman. 
 
Baca juga: Simak 5 Jurusan Seni di Indonesia Beserta Pilihan Kampusnya


(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id