Soal Kuliah Tatap Muka, MRPTNI Tunggu Surat Edaran Dirjen Dikti

    Ilham Pratama Putra - 24 November 2020 19:04 WIB
    Soal Kuliah Tatap Muka, MRPTNI Tunggu Surat Edaran Dirjen Dikti
    Ketua MRPTNI, Jamal Wiwoho. Foto: Dok. UNS
    Jakarta: Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho masih menunggu Surat Edaran (SE) dari Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebuayaan (Kemendikbud), Nizam, terkait izin pembukaan kampus untuk kuliah tatap muka di tengah pandemi covid-19.  Rencananya kampus dibuka mulai Januari 2021.

    Surat Edaran ini, kata Jamal, dinilai penting agar para rektor dapat mempersiapkan pembukaan kampus untuk kuliah tatap muka.  "Kami masih tunggu SE yang bersifat general seperi apa, yang akan ditindak lanjuti para rektor secara khusus," ujar Jamal kepada Medcom.id, Selasa, 24 November 2020.

    Menurutnya, surat edaran dari Dirjen Dikti akan bersifat umum. Sedangkan tantangan pembukaan kampus di tengah pandemi pada setiap wilayah tentu berbeda-beda.

    "Tentunya akan banyak hal yang akan kami tambah dengan situasi yang sifatnya khusus dalam wilayah masing-masing," terangnya.

    Selain itu, nantinya pihaknya juga akan meminta rekomendasi dari Satgas covid-19 di daerah masing-masing. Menurutnya peran satgas ini menjadi penting terkait kepastian apakah wilayah kampus bisa melaksanakan perkuliahan atau tidak.

    Baca juga:  Kampus Buka Januari 2021, FRI: Dahulukan Prodi dengan Praktikum

    Dia menyebut, persiapan para rektor akan digodok secara bersama-sama. MRPTNI bakal menggelar rapat rektor tepat setelah SE Dirjen Dikti terbit dan rekomendasi Satgas covid-19 diberikan.

    "Awal Desember lah kita akan rapat sambil menunggu SE itu juga. Nanti kita buat pertimbangan-pertimbangan. Ini rektor-rektornya setiap daerah ada, ada perwakilan Sumatra, Kalimantan, Jawa, sampai ke Timur, Sulawesi dan Maluku itu ada untuk melihat sampel seperti apa kesiapan," tutup dia.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id