Pekan Ini, Pemerintah Bahas Evaluasi Kebijakan Membuka PTM

    Ilham Pratama Putra - 04 Januari 2021 11:24 WIB
    Pekan Ini, Pemerintah Bahas Evaluasi Kebijakan Membuka PTM
    Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi.
    Jakarta: Pemerintah bakal mengevaluasi implementasi Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Januari 2021. Evaluasi PTM dilakukan lantaran kasus covid-19 di Tanah Air malah terus meningkat.

    "Karena kalau melihat kondisi peningkatan covid-19 ini, kita juga khawatir kalau kita serta merta membuka sekolah," kata Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono dalam webinar Ngopi Seksi Outlook Pendidikan Indonesia 2021, Minggu, 3 Januari 2021.

    Rapat lintas kementerian itu rencananya digelar dalam satu minggu kedepan. Implementasi SKB 4 Menteri untuk PTM akan ditinjau.

    "Selasa (5 Januari) atau Rabu (6 Januari) akan membahas lintas kementerian tentang bagaimana perkembangan implementasi SKB 4 Menteri ini," ujar dia.

    Baca: Kemenag: 85% Madrasah Tunda Pembelajaran Tatap Muka

    Agus mengatakan, pemerintah tidak ingin PTM malah menjadi 'bumerang' bagi dunia pendidikan Indonesia. PTM dikhawatirkan justru memunculkan klaster covid-19 di satuan pendidikan. Pemerintah juga bakal mengecek kembali bagaimana kesiapan satuan pendidikan, baik di sekolah maupun madrasah.

    "Seperti sekolah mana yang telah mengisi daftar periksa hingga seberapa banyak yang telah di evaluasi oleh kepala dinas pendidikan (disdik) kabupaten kota dan Kemenag kabupaten kota," ungkapnya.

    Agus mengatakan kondisi pandemi di Tanah Air segera membaik. Keberadaan vaksin di Indonesia bisa memberikan harapan, bukan hanya bagi situasi kesehatan, namun juga untuk keberlangsungan dunia pendidikan.

    "Vaksin juga sudah mulai berdatangan dan pemerintah akan segera melakukan program vaksinisasi kepada masyarakat. Dengan demikian maka diharapkan pandemi ini akan berangsur-angsur membaik dan kegiatan masyarakat bisa berangsur pulih," tutup dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id