IPB dan UI Kampus Terbaik Versi THE WUR Bidang Life Sciences

    Ilham Pratama Putra - 30 Oktober 2020 21:12 WIB
    IPB dan UI Kampus Terbaik Versi THE WUR Bidang <i>Life Sciences</i>
    Kampus IPB University. Dok IPB University
    Jakarta: Institute Pertanian Bogor (IPB) University masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR). IPB menempati posisi puncak pada bidang life sciences (ilmu hayati).

    "Dibandingkan tahun lalu, IPB University mengalami peningkatan total skor dari 17,35 menjadi 18,32," ujar Rektor IPB, Arif Satria kepada Medcom.id, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Dalam pemeringkatan ini, kelompok bidang ilmu hayati mencakup empat bidang ilmu, yaitu pertanian dan kehutanan, biologi, kedokteran hewan, dan ilmu olahraga. Berdasarkan urutan ranking, IPB dan Universitas Indonesia (UI) berada pada posisi yang sama yakni ranking 601-800.

    Selanjutnya, pemeringkatan THE juga mencatat lima universitas asal Indonesia lainnya. Ranking mereka ada di posisi 801+.

    Baca: Pertama Kali, Unpad Masuk THE World University Rankings by Subject

    Secara berurutan, universitas itu ialah Intitute Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (Undip). Di posisi terakhir ada Universitas Padjajaran (Unpad).

    Arif menyebut capaian ini menjadi reputasi yang baik bagi IPB secara global dalam bidang llife sciences. Namun, dia ingin universitas lainnya juga turut maju bersama untuk mengangkat perguruan tinggi Indonesia di mata dunia.

    "Namun tetap harus bersama-sama perguruan tinggi di Indonesia meningkatkan peringkatnya dalam World University Rankings agar mengangkat harkat bangsa Indonesia," lanjutnya.

    Sebelumnya sistem perankingan Quacquarelli Symonds (QS) WUR pada tahun ini menempatkan IPB pada posisi 59 dunia untuk bidang pertanian dan kehutanan. THE dan QS adalah lembaga perankingan universitas global yang kredibel.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id