Pusat Studi Pesantren dan Pendidikan, Dorong Virtualisasi Ponpes

    Antara - 30 Oktober 2020 13:46 WIB
    Pusat Studi Pesantren dan Pendidikan, Dorong Virtualisasi Ponpes
    Ilustrasi. Foto: Antara/Rahmad
    Jakarta: Pusat Studi Pesantren dan Pendidikan (Pusppa) resmi diluncurkan secara virtual melalui webinar pada 29 Oktober 2020. Lembaga ini diharapkan mendorong virtualisasi pesantren, sehingga pesantren bisa mendunia sebagai penjaga moral bangsa dan dunia.

    "Pesantren virtual memang butuh perjuangan dan tantangan karena keterbatasan akses internet, wilayah, maupun fasilitas," kata Peneliti Pesantren Online, Dept. of Cultural Studies, Tilburg School of Humanities and Digital Science, the Netherland, Wahyu Ilaihi dalam keterangan resmi Pusppa, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Webinar dan peluncuran Pusppa dihadiri ratusan peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan pesantren di Indonesia yang tersebar di berbagai negara. Wahyu menjelaskan, pengelolaan masjid juga bisa menjadi model pengembangan dari virtualisasi pesantren yang diharapkan mampu beradaptasi dengan digital.

    "Masjid di Indonesia masih bagus dalam penataan fisik tetapi belum dari segi pengelolaan virtual," kata Wahyu.

    Baca: Pesantren Diminta Bersiap Beradaptasi dengan Regulasi Baru

    Narasumber yang hadir dalam webinar adalah KH. Zaim Ahmad Syakir (Ketua Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren se-Indonesia), Aris Risdiana, MM. (Peneliti Pusppa), dan A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si (Ketua PUSPPA). Webinar dipandu moderator Moh. Khoerul Anwar, M. Pd (Kandidat Ph. D CCNU, Wuhan, Tiongkok).

    Perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) H. Waryono Abdul Ghofur, menyatakan, peluncuran Pusppa yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW itu bisa menjadi penanda bahwa pusat studi ini kehadirannya ditunggu oleh masyarakat dan dunia.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id