Sekolah Pranikah IPB, Upaya Membantu Menyiapkan Kehidupan Berkeluarga

    Arga sumantri - 16 Oktober 2020 10:25 WIB
    Sekolah Pranikah IPB, Upaya Membantu Menyiapkan Kehidupan Berkeluarga
    Ilustrasi. Dok IPB University
    Bogor: Institut Pertanian Bogor (IPB) University menyelenggarakan Sekolah Pranikah angkatan kedua. Sekolah yang digagas dua departemen di IPB, yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) dan Departemen Ilmu Ekonomi Syariah (Eksyar) bertujuan membantu menyiapkan kehidupan berkeluarga.

    Pembina Sekolah Pranikah IPB, Tin Herawati menerangkan, pernikahan merupakan salah satu tahapan perkembangan yang harus dilewati orang dewasa yang telah siap untuk membangun keluarga sendiri. Menurut Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2019 atas perubahan Undang-undang perkawinan Tahun 1974 Bab 1 Pasal 1, pernikahan adalah ikatan lahir dan batin antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia.

    Menurutnya, keluarga yang bahagia dan sejahtera sangat penting untuk mendukung kualitas masa depan bangsa. Sebagai unit terkecil dalam masyarakat, peran keluarga sangat menentukan kualitas bangsa karena merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pengembangan watak, kepribadian, nilai-nilai budaya, nilai-nilai keagamaan dan moral, serta keterampilan sederhana.

    "Hasil dari berbagai penelitian, keluarga bahagia dan sejahtera berpengaruh terhadap kualitas pengasuhan anak sehingga mendukung terhadap pembentukan generasi unggul dan  berkualitas di masa depan," kata Tin Herawati melalui siaran pers, Jumat, 16 Oktober 2020.

    Baca: Unair Tunggu Arahan Pemerintah Soal Kelanjutan Riset Obat Covid-19

    Kepala Departemen IKK ini menambahkan, institusi keluarga merupakan pilar dan pondasi bangsa. Mengingat pentingnya peran keluarga, maka untuk memasuki kehidupan berkeluarga harus dipersiapkan sebelumnya dengan baik.

    "Pernikahan yang disiapkan dengan baik akan mampu mencapai kepuasaan pernikahan yang optimal dan kesuksesan dalam kehidupan berkeluarga sehingga mampu menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas di masa yang akan datang," tuturnya.

    Dengan adanya Sekolah Pranikah, para peserta mengetahui persiapan yang harus dilakukan sebelum menikah dan hal-hal yang harus dilakukan setelah menikah. Dengan begitu, akan terwujud keluarga bahagia dan sejahtera.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id