comscore

Publikasi Internasional Meningkat, Relevansi Jurnal Ilmiah Jadi Pekerjaan Rumah

Ilham Pratama Putra - 09 Desember 2021 13:35 WIB
Publikasi Internasional Meningkat, Relevansi Jurnal Ilmiah Jadi Pekerjaan Rumah
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Jakarta: Jumlah publikasi jurnal internasional dalam negeri mengalami peningkatan. Dari yang sebelumnya delapan ribu publikasi per tahun, pada tahun 2021 menjadi 50 ribu publikasi per tahun.

Plt. Dirjen Diktiristek Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam menyebut jurnal yang dipublikasikan sebaiknya tak cuma mengejar kuantitas. Namun juga harus memperhatikan relevansi dengan kebutuhan masyarakat.
"Saya, Mas Menteri (Mendikbudristek, Nadiem Makarim) terus menekankan pada relevansi dan kualitas. Kita mungkin 50 ribu publikasi tapi berapa persen yang menjawab kebutuhan masyarakat, relevan menjawab masalah UMKM, petani," kata Nizam dalam Anual Seminar WCP, Kamis 9 Desember 2021.

Menurutnya, relevansi jurnal ilmiah dengan kebutuhan masyarakat sangat penting. Sebab, jurnal tersebut tentu dapat dimanfaatkan sebagai pemecah masalah di masyarakat.

Contohnya penelitian soal pengelolaan kopi. Masyarakat mungkin banyak yang belum tahu mengenai pengelolaan kopi hingga nilai jual pemasarannya.

"Padahal kalau biji kopi itu satu kilo mungkin di bawah 100 ribu tapi kan kalau sudah masuk Starbuck bisa bertambah nilainya. Begitu juga minyak atsiri kalau di pasar murah tapi kalau sudah jadi parfum di Paris menjadi jutaan rupiah," terangnya.

Baca juga:  7 Situs Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional Terpercaya

Nizam mengajak para peneliti untuk terus membangun inovasi di Indonesia. Terutama yang berdampak kepada masyarakat yang mengelola usaha di kalangan masyarakat menengah ke bawah.

"Mari kita bangun bangsa ini denga inovasi terutama industri menengah ke bawah yang berdampak kepada masyarakat," tutupnya.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id