Jokowi Sebut Karakter yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi

    Ilham Pratama Putra - 15 Juni 2021 11:39 WIB
    Jokowi Sebut Karakter yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi
    Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: YouTube



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta lulusan perguruan tinggi memiliki sejumlah karakter yang tidak dapat ditawar-tawar lagi.  Mulai dari berdedikasi kepada negara hingga toleransi dalam kebinekaan. 

    "Lulusan kita harus sangat kuat dedikasinya untuk kemajuan bangsa, juga untuk kemanusiaan, juga untuk toleransi dalam kebinekaan, itu watak yang tidak boleh ditawar," kata Jokowi dalam Festival Kampus Merdeka secara daring, Selasa 15 Juni 2021.

     



    Kemudian Jokowi juga meminta lulusan untuk memiliki karakter dan kemampuan pembelajar yang kuat. Selalu ada keinginan unutuk belajar sesuatu hal yang baru.

    "Hal ini sangat penting karena masa depan itu akan penuh dengan disrupsi, akan penuh dengan perubahan-perubahan yang besar. Kita tahu ini harus perubahan cepat sekali, bahkan penuh dengan kompetisi tanpa belajar terus-menerus, lulusan kita kan akan tertinggal oleh perkembangan iptek yang perkembangannya sangat pesat sekali," ujarnya.

    Menurut dia, lulusan kampus tak boleh hanya mengandalkan kemampuan akademik. Namun juga memiliki kemampuan berinovasi yang inovatif.

    "Kemampuan inovasi yang kuat dan juga mampu menjadi problem solver terhadap masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat, karyanya bukan hanya karya ilmiah, tetapi juga karya yang memecahkan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi, melalui inovasi dan juga kewirausahaan," jelas Presiden RI ke tujuh itu.

    Baca juga:  Nadiem: Kampus Harus Bebas 'Sekat' untuk Kolaborasi

    Lulusan kampus, kata Jokowi, juga harus menguasai ilmu pengetahuan teknologi yang terbaru. Kampus harus membawa mahasiswa ke industri untuk memperbarui kemampuan iptek.

    "Keterlibatan industri dalam pendidikan di kampus sangatlah penting, juga kerja sama antarkampus untuk mempercepat proses pengembangan dan penguasaan iptek terbaru," ungkapnya.

    Terakhir, lulusan kampus juga diminta untuk mempersiapkan diri untuk menciptakan lapangan kerja. Bukan hanya sekadar siap mengisi lapangan kerja.

    "Ini pentingnya pendidikan kewirausahaan dan juga Interaksi yang intensif dengan dunia industri menjadi kunci yang penting bagi karya-karya inovatif bagi lulusan kita," tutupnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id