comscore

Media Academy Beri Angin Segar Bagi Pendidikan Vokasi

Arga sumantri - 29 Oktober 2021 10:11 WIB
Media Academy Beri Angin Segar Bagi Pendidikan Vokasi
Media Academy.
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi inisiasi kegiatan yang dilakukan Media Academy. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Ussaha Dunia Industri (Mitras DUDI) Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Saryadi Guyatno menilai program-program Media Academy membawa angin segar bagi dunia vokasi.

Media Academy merupakan bagian dari Media Group Network. Bagi Saryadi, Media Group Network merupakan salah satu industri media swasta besar di Indonesia. Ia menyambut baik komitmen Media Group melalui Media Academy yang mengembangkan kontribusinya di bidang pendidikan vokasi, khususnya dalam sertifikasi profesi di bidang penyiaran.
"Ini jadi angin segar bagi pendidikan vokasi yang mendedikasikan kelulusannya untuk mendapatkan kompetensi dan pengakuan dari dunia kerja," kata Saryadi dalam webinar Media Academy bertajuk 'Optimalisasi Link and Match Dunia Pendidikan dan Dunia Industri', Kamis, 28 Oktober 2021.

Saryadi mengatakan, pemerintah siap berkolaborasi lebih lanjut untuk mengembangkan pendidikan vokasi di Tanah Air. Menurut dia, pendidikan vokasi sudah tak boleh lagi berjalan sendiri untuk mengembangkan lulusannya.

"Satuan pendidikan vokasi harus seiring sejalan dan saling menguatkan dengan DUDI. kemitraan dan keterkaitan dengan industri merupakan semangat dalam aktivitas satuan pendidikan vokasi," jelasnya.

Baca: Strategi Kemendikbudristek Optimalisasi Link and Match Vokasi dengan DUDI

Ia mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah langkah strategis guna mengoptimalisasi link and match vokasi dengan DUDI. Misalnya, menyusun kurikulum bersama antara vokasi dengan industi, pembelajaran berbasis proyek nyata, hingga upaya menghadirkan praktisi industri mengajar langsung di satuan pendidikan vokasi.

"Salah satu KPI (Key Performance Indicator) aktivitas ini adalah 50 jam per semester bagi dosen atau praktisi industri untuk mengajar di satuan pendidikan vokasi," jelasnya.

Strategi lainnya, kata dia, yakni mengadakan program magang peserta didik vokasi di dunia usaha dan industri selama satu semester. Kemudian, sertifikasi kompetensi bagi peserta didik, atau tenaga pendidik vokasi.

Pendidik, guru, dan dosen vokasi juga secara rutin mendapat pengetahuan baru, baik dari sisi teknologi, maupun kompetensi, sesuai standar DUDI. Selanjutnya, tiset terapan guna mendukung teaching industri yang dimulai dari permasalahan riil di DUDI atau masyarakat

"Komitmen serapan lulusan satuan vokasi oleh DUDI atau dunia kerja," ungkapnya.

Media Academy merupakan bagian dari Media Group. Media Academy fokus pada pelatihan dan sertifikasi profesi. Media Academy mengusung visi misi untuk membentuk dan meningkatkan standar kompetensi sumber daya manusia yang unggul.

Ada enam aspek kompetensi yang menjadi fokus Media Academy, yakni pengetahuan (knowledge), pemahaman (understanding), kemampuan (skill), nilai (value), sikap (attitude), minat (interest).

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id