comscore

Simak, Bentuk dan Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

Renatha Swasty - 26 Mei 2022 19:52 WIB
Simak, Bentuk dan Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional
Ilustrasi belajar. Medcom.
Jakarta: Lembaga kerja sama ekonomi internasional diperlukan untuk membantu negara-negara di dunia. Salah satunya ASEAN.

ASEAN adalah lembaga perhimpunan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara pemrakarsanya.
ASEAN termasuk salah satu bentuk kerja sama ekonomi internasional. Masih banyak lagi bentuk dan lembaga lainnya. Berikut lembaga kerja sama internasional dikutip dari Ruangguru:

Bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional dibagi menjadi beberapa bagian, yakni:

1. Berdasarkan letak geografis

1. Kerja sama ekonomi regional

Kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara yang berada dalam satu kawasan tertentu, contohnya:

ASEAN (Association of South East Asian Nation)

ASEAN merupakan lembaga kerja sama regional negara-negara Asia Tenggara di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan politik yang didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN terdiri dari 10 negara, yakni Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

AFTA (ASEAN Free Trade Area)

AFTA adalah kesepakatan perdagangan bebas antar negara-negara yang tergabung di dalam ASEAN. Tujuan berdirinya AFTA ialah:
  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkesinambungan.
  2. Meningkatkan ekspor dan impor.
  3. Meningkatkan investasi bagi negara ASEAN.

2. Kerja sama ekonomi antarregional

Kerja sama ekonomi ini dijalankan oleh dua lembaga ekonomi atau lebih antar wilayah regional, contohnya:

ASEM (Asian-European Meeting)

ASEM dibentuk untuk membicarakan permasalahan-permasalahan yang melibatkan negara-negara Eropa dan Asia. Forum ini membahas berbagai hal, seperti aspek ekonomi, politik, strategi pertahanan, pendidikan, kebudayaan dan lingkungan hidup.

APEC (Asia-Pasific Economic Coorporation)

APEC adalah organisasi perekonomian di sekitar wilayah Asia-Pasifik, meliputi negara Asia Tenggara, pesisir Asia Timur, Australia yang dekat sama Samudra Pasifik, dan negara-negara di Samudra Pasifik (Oseania). Pertama kali, APEC dibentuk pada 1989 saat pertemuan menteri dari negara Asia Pasifik yang diadakan di Canberra, Australia. Tujuannya, untuk meningkatkan kerja sama dan liberalisasi perdagangan.

3. Kerja sama ekonomi internasional

Kerja sama ekonomi antarnegara yang diikuti oleh negara dari berbagai belahan dunia, contohnya:

World Bank (Bank Dunia)

Bank Dunia (World Bank) didirikan pad 1944 yang berkedudukan di Washington, DC, Amerika Serikat. Lembaga ini bertugas memberikan bantuan ekonomi untuk perbaikan usaha-usaha dalam bidang pertanian, industri, jalan raya, dan pembangunan negara-negara di dunia. Biasanya, World Bank memberikan bantuan kredit jangka panjang untuk negara-negara berkembang dengan bunga yang rendah.

WTO (World Trade Organization)

WTO adalah organisasi yang dibentuk di Genewa, Swiss, pada 1947 yang bergerak di bidang perdagangan internasional untuk mempertahankan tata niaga internasional dan mengatur perdagangan secara umum. Tujuan pembentukan WTO adalah menghilangkan atau mengurangi tarif bea yang menghambat perdagangan antarnegara dan menyelesaikan sengketa dagang di antara anggotanya.

2. Berdasarkan banyaknya negara peserta

1. Kerja sama ekonomi bilateral

Kerja sama bilateral adalah bentuk kerja sama ekonomi yang dilakukan dua negara. Kerja sama ini terjadi karena kedua negara saling mendapat keuntungan atau memiliki hubungan yang sangat baik. Contohnya, hubungan Arab Saudi dan Indonesia tentang ibadah haji.

2. Kerja sama ekonomi multilateral

Kerja sama mulitilateral adalah kerja sama lebih dari dua negara. Contohnya, NAFTA (North American Free Trade Agreement), OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries).

3. Berdasarkan tujuan dan lapangan usaha

1. Berdasarkan tujuan yang sama

Kerja sama ekonomi ini dilatarbelakangi oleh tujuan yang sama. Contohnya, sejarah buruh atau tenaga kerja yang memperjuangkan hak-haknya melahirkan organisasi ILO (International Labour Organization).

2. Berdasarkan lapangan usaha yang sama

Kerja sama ekonomi ini dilatarbelakangi oleh kesamaan bidang usaha. Contohnya, negara-negara yang memiliki lapangan usaha yang sama pada sumber minyak bumi membentuk OPEC.

Itulah bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional. Semoga Sobat Medcom makin paham ya.

Baca: Mengenal Bank Sentral: Tujuan, Tugas, dan Kewenanangnya

 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id