comscore

Lima Kampus Terbaik di China yang Mendunia, Ini Keunggulannya

Citra Larasati - 30 Januari 2022 11:17 WIB
Lima Kampus Terbaik di China yang Mendunia, Ini Keunggulannya
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Kita kerap mendengar istilah “tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Pepatah tersebut  memang tidak salah rasanya bila melihat fakta bahwa saat ini China merupakan salah satu negara paling berpengaruh di dunia khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan.

Bicara tentang negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia tersebut memang banyak hal yang bisa dipelajari.  Salah satunya dalam bidang pendidikan, karena China atau Tiongkok memiliki perguruan tinggi yang masuk dalam jajaran top dunia.

Berikut lima perguruan tinggi terbaik di China yang mendunia:

Peking University

Dikutip dari laman Schoters, Universitas Peking adalah universitas komprehensif nasional pertama di China. Didirikan pada tahun 1898, Universitas Peking telah memainkan peran penting sebagai pelopor modernisasi pendidikan di China dengan menginisiasi hadirnya fakultas-fakultas yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman seperti Fakultas Seni Liberal, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Ilmu Pertanian.
Saat ini, Universitas Peking merupakan universitas nomor satu di China.  Tidak hanya itu, Universitas Peking juga menduduki peringkat ke-2 di tingkat Asia dan peringkat ke-18 di tingkat dunia menurut QS Global World Rankings tahun 2022.

Perpustakaan Universitas Peking merupakan perpustakaan universitas terbesar di Asia. Dengan total koleksi sebanyak 7.331 juta yang terdiri dari buku, jurnal, serta surat kabar berbahasa Mandarin maupun asing.

Baca juga:  Selain Pemandangan Nordik, Ini 5 Alasan Kuliah di Denmark Bakalan Seru

Universitas Peking juga memiliki sembilan laboratorium nasional, 124 laboratorium negara, dua pusat penelitian teknik nasional, serta 10 pusat kesehatan dan rumah sakit yang terafiliasi. Selain karena prestasi akademiknya, Universitas Peking juga dikenal akan keindahan arsitektur tradisional China yang dimilikinya. Hal ini karena tempat kampus utama Universitas Peking berdiri sebelumnya merupakan Taman Kekaisaran Dinasti Qing.

Tsinghua University

Universitas yang berlokasi di wilayah barat laut Beijing ini awalnya didirikan dengan nama Tsing Hua Imperial College pada tahun 1911. Sama seperti Universitas Peking, Universitas Tsinghua juga berada di atas situs Taman Kekaisaran Dinasti Qing dan dikelilingi oleh sejumlah situs bersejarah. Arsitektur Universitas Tsinghua merupakan perpaduan antara nilai-nilai budaya China dan budaya Barat.

Memiliki keunggulan di bidang teknik dan komputer, saat ini Universitas Tsinghua menempati peringkat ke-2 sebagai universitas terbaik di China. Universitas Tsinghua sudah menjalin kerjasama dengan lebih dari 290 universitas dan institusi di dunia dan telah mengadakan lebih dari 100 program pertukaran pelajar serta 50 program double-degree dengan berbagai institusi ternama di dunia.

Pada tahun 2019, tercatat terdapat 8.800 mahasiswa internasional di Universitas Tsinghua yang berasal dari 130 negara. Universitas Tsinghua menyediakan apartemen bagi mahasiswa internasional dengan kapasitas yang dapat ditampung mencapai 2.000 orang atau sekitar 60% dari total mahasiswa internasional Tsinghua.

Selain itu, Universitas Tsinghua juga memiliki dining hall yang menawarkan berbagai jenis masakan termasuk makanan halal dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan universitas-universitas lain di Beijing.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id