comscore

Jangan Kebablasan Setelah Lebaran, Pakar Unair Bagikan Tips Jaga Pola Makan Pasca Ramadan

Renatha Swasty - 05 Mei 2022 10:42 WIB
Jangan Kebablasan Setelah Lebaran, Pakar Unair Bagikan Tips Jaga Pola Makan Pasca Ramadan
Ilustrasi puasa. Freepik
Jakarta: Bulan Ramadan merupakan momen yang pas untuk menata pola makan. Namun, bagi sebagian orang, membangun pola makan yang baik lebih mudah ketimbang menjaganya.

Pola makan yang baik itu akan memudar seiring berakhirnya Ramadan. Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Lailatul Muniroh, membagikan tips menjaga pola makan pasca Ramadan.

Jangan lewatkan sarapan

Dosen mata kuliah gizi dan produktivitas itu menekankan pentingnya sarapan sebelum memulai aktivitas. Sarapan dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari nafsu makan berlebih. Laili menganjurkan makanan sarapan sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat yang cukup.

Batasi camilan tinggi kalori

Laili menyebut saat lebaran banyak kue tinggi kalori. Dia menyebut sebaiknya makan-makanan tinggi kalori dibatasi.
“Tidak heran saat lebaran banyak sekali camilan, kue yang tinggi kalori. Bukan tidak boleh sama sekali, namun kita bisa membatasi konsumsi camilan/kue lebaran yang disajikan,” kata Laili dikutip dari unair.ac.id, Kamis, 5 Mei 2022.

Dia menjelaskan lebih baik bila memperbanyak konsumsi camilan/makanan rendah kalori namun kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan. Beberapa rekomendasi Laili, yakni melon, semangka, pepaya, dan jeruk karena mengandung indeks glikemiks rendah, serta memiliki banyak air dan serat.

Mengatur porsi makan dengan gizi seimbang

Dosen yang telah melakukan puluhan publikasi jurnal kesehatan internasional itu menyarankan makan dalam porsi kecil agar kalori yang dikonsumsi tidak berlebih. Selain itu, kandungan pada makanan yang dikonsumsi sebaiknya, mulai karbohidrat kompleks, protein hewani dan nabati, lemak baik, vitamin mineral, serat, dan air.

“Prinsip makanan sebenarnya sama, yaitu gizi seimbang dengan komposisi dan porsi yang cukup,” ujar Laili.

Perbanyak minum air putih

Dia menuturkan konsumsi air putih dapat melancarkan pencernaan dan membuang semua sisa makanan dan lemak dengan baik. “Perbanyak minum air putih, setidaknya delapan gelas sehari atau sekitar dua liter,” kata alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair itu.

Tetap berolahraga

Laili mengatakan tidak hanya makanan yang perlu diperhatikan, tapi juga perlu dibiasakan berolahraga. Jenis olahraga yang dapat ditekuni beragam sesuai minat masing-masing asal konsisten dan dengan waktu yang cukup.

Itulah tips yang bisa membantu menjaga pola makan setelah Ramadan.

Baca: Kapan Mulai Puasa Syawal 2022? Berikut Waktu Pelaksanaan dan Niatnya
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id