comscore

Tidak Ada Ujian Esai, Ini Materi Ujian SIMAK UI 2022

Muhammad Syahrul Ramadhan - 29 Juni 2022 19:47 WIB
Tidak Ada Ujian Esai, Ini Materi Ujian SIMAK UI 2022
Ilustrasi Ujian Simak UI Medcom.id
Jakarta: Ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2022 Kelas Internasional (KI) digelar besok, Kamis, 30 Juni dan S1 dan Vokasi pada 2 Juli 2022. Simak materi ujian SIMAK UI berikut ini.

Masih ada peserta yang menanyakan terkait materi ujian SIMAK UI 2022 terutama terkait apakah ada ujian esai di ujian tahun ini. Pertanyaan tersebut disampaikan ke akun Twitter resmi SIMAK UI @SIMAK_UI.

Materi ujian SIMAK UI 2022

@SIMAK_UI dalam unggahannya menjelaskan bahwa tahun ini ujian SIMAK UI 2022 tidak ada materi ujian esai. Berikut ini materi ujian SIMAK UI S1 dan Vokasi.
  • Kemampuan dasar
  • Kemampuan IPA
  • Kemampuan IPS

Kemampuan Dasar terdiri dari:

Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris

Kemampuan IPA terdiri dari:

Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi

Kemampuan IPS terdiri dari:

Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi
Baca:

Pembagian waktu

Koordinator Seleksi Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Mikael Ginting menjelaskan pembagian detil durasi waktu pengerjaan ujian. Kemampuan dasar itu mesti dikerjakan dalam durasi 60 menit awal.
 
"Untuk selanjutnya kemampuan IPA 120 menit, dan kemampuan IPS 60 menit," tuturnya dalam UI Open Days seperti dilihat di kanal YoTube UI Teve, Rabu, 29 Juni 2022.

 Dalam uji kemampuan itu, detail pengerjaan soal pun dibagi per bidang. Misalnya, jika kemampuan dasar 60 menit, maka diberikan waktu mengerjakan matematika dasar sebanyak 20 menit, bahasa Indonesia 20 menit, dan bahasa Inggris 20 menit.
 
Pada kemampuan IPA terdapat waktu pengerjaan 120 menit, maka diberikan waktu untuk mengerjakan matematika IPA sebanyak 40 menit, biologi 20 menit, fisika 30 menit, dan kimia 30 menit. Untuk kemampuan IPS, Ekonomi 15 menit, sejarah 15 menit, geografi 15 menit, sosiologi 15 menit," terangnya.

Ia menyebut pembagian waktu ini penting bagi para peserta ujian. Sebab, model ujian yang berlaku ialah blocking, di mana pengerjaan soal sesuai dengan waktu yang diberikan.
 
"Misal ujian jam 8, jadi pada jam 8:20 temen-teman enggak bisa lagi mengerjakan matematika dasar, sudah harus lanjut ke bahasa Indonesia," jelasnya.
 
Untuk itu Ia mengingatkan agar peserta sudah siap dengan perangkat ujianya 15 menit sebelum ujian di mulai. Agar tak terlambat mengikuti ujian dan bisa mengerjakan soal tepat waktu.

(RUL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id