Ilham Habibie: Belajar Daring Pakai HP Dinilai Kurang Efektif

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 09 April 2020 20:35 WIB
    Ilham Habibie: Belajar Daring Pakai HP Dinilai Kurang Efektif
    Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie. Tangkapan layar konferensi video.
    Jakarta: Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie menyebut perlu ada edukasi dalam penggunaan telepon genggam (handphone) sebagai perangkat untuk belajar daring.  Belajar daring menggunakan handphone dinilai kurang efektif, karena HP selama ini lebih akrab digunakan untuk perangkat hiburan, bukan belajar.

    Pernyataan ini disampaikan Ilham merespons hasil survei Kemendikbud, yang menyatakan bahwa mayoritas mahasiswa yang kuliah daring di masa pandemi covid-19 ini hanya menggunakan handphone.  Angkanya mencapai 68 persen, hanya sedikit yang menggunakan laptop, desktop, dan tablet.

    Handphone bukan alat untuk kita pakai belajar tapi cari teman atau cari makan, nonton, bukan belajar. Kita bersama-sama mendidik rakyat menggunakan handphone secara produktif,” kata Ilham dalam konferensi video di Jakarta, Kamis, 9 April 2020.

    Baca: Survei: Mayoritas Mahasiswa Kuliah Daring Pakai HP

    Ilham menyebut sekitar 90 persen pembelajaran daring selama ini digunakan melalui media handphone. Banyak gangguan atau godaan ketika belajar daring menggunakan telepon genggam.

    "Jadi, layar kecil dan memang mengenal layar itu terutama ini untuk entertainment, banyak godaan," ungkapnya.

    Ilham menuturkan, pembelajaran atau bekerja dari rumah juga harus didukung suasana yang kondusif. Dengan begitu, belajar dan bekerja dari rumah bisa lebih fokus dan tidak ada gangguan yang justru merusak konsentrasi.

    "Tidak semua kita punya ruangan kerja bisa benar-benar kerja di meja untuk fokus konsentrasi melalui daring ini,” ungkapnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id