Mahasiswa Kampus Ditutup Bakal Pindah Ke Kampus Baru

    Ilham Pratama Putra - 04 Februari 2020 17:49 WIB
    Mahasiswa Kampus Ditutup Bakal Pindah Ke Kampus Baru
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/ Mohammad Rizal
    Jakarta:  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) menyebut akan ada lima hingga 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berpotensi bakal ditutup pada 2020.  Mahasiswa yang berada di kampus tersebut bakal dipindahkan ke kampus baru dengan sistem merger (penggabungan).

    "Dia (mahasiswa) ikut ke Perguruan Tinggi barunya dan itu dimungkinkan," kata Plt. Kepala LLDikti Wilayah III, DKI Jakarta, Samsuri di Kantor LLDikti, Jakarta Timur, Selasa, 4 Februari 2020.

    Perihal teknis pemindahan dan keberlanjutan studi mahasiswa akan disesuaikan di kampus yang baru.  Samsuri menyebutkan, tanggung jawab itu akan diserahkan pada kampus yang lama.

    Begitu pula dengan proses biaya kuliah. Pihaknya memastikan biaya kuliah mahasiswa di tempat yang baru tidak akan lebih mahal dari tempat lamanya.

    "Tentunya nantikan proses merger itu kan ada pernyataan mau tidak dari mahasiswa. Kalau biaya diserahkan ke Perguruan Tinggi, tapi terakomodir dan tidak lebih mahal dari yang sebelumnya," jelas Samsuri 

    Pihaknya juga telah menggandeng Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mendampingi mahasiswa yang akan dipindah. Lebih lanjut, Perguruan Tinggi Swasta bermasalah tersebut dipastikan tak lagi dapat menerima mahasiswa baru.

    "Enggak dia tidak akan menerima (mahasiswa baru). Karena indikasi (mahasiswa) yang diakui adalah yang terlapor di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti)," jelas dia.

    Samsuri membeberkan, ada beberapa indikasi yang membuat kampus tersebut layak untuk ditutup. Salah satunya, sudah tidak ditemukan lagi kegiatan belajar mengajar.

    "Kedua, ada Perguruan Tinggi yang lokasinya sudah tidak ditemukan. Ada Perguruan Tinggi lokasinya sudah sulit dicari," jelas dia.

    Namun pihaknya tak mau membeberkan kampus mana saja yang bakal direkomendasikan tutup tersebut. Dia berharap ada iktikad baik dari pihak kampus untuk berkoordinasi, karena selama ini pihak kampus sangat sulit untuk dihubungi.

    LLDikti juga akan segera melaporkan kesepuluh PTS ini ke Kemendikbud.  Nantinya Kemendikbud akan menurunkan tim Evaluasi kinerja (Eka), tim inilah yang akan memutuskan apakah kampus tersebut akan ditutup atau tidak. 




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id