Ilham Habibie: Pandemi Momentum Memperkuat Industri Alkes Nasional

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 20 Mei 2020 13:02 WIB
    Ilham Habibie: Pandemi Momentum Memperkuat Industri Alkes Nasional
    Ketua Dewan Pembina Habibie Center, Ilham Habibie. Foto: Tangkapan layar
    Jakarta: Ketua Dewan Pembina Habibie Center, Ilham Habibie menyebut pandemi virus korona (covid-19) bisa menjadi momentum memperkuat industri dan teknologi alat kesehatan (Alkes) dalam negeri. Dengan begitu, bisa mengurangi ketergantungan dengan produk impor.

    "Ini sangat kelihatan industri strategis dan fundamental di mana konsekuensi covid-19 tengah mengalami ketergantungan dengan produk dan teknologi dari luar, sangat berlebihan,” kata Ilham dalam diskusi daring, Selasa, 19 Mei 2020.

    Ia menjelaskan sulitnya ekspor dan impor alat kesehatan yang saat ini terjadi memaksa sebuah negara menjadi mandiri, termasuk Indonesia. "Ada tren menurunkan, mengurangi globalisasi memperkuat lokalisasi," ujarnya.

    Baca: Pandemi Momentum Bangun Ekosistem Riset dan Inovasi Nasional

    Ilham mengatakan perlu ada keseimbangan, sehingga tidak terlalu bergantung dengan produk alat kesehatan impor. Ia menyebut hampir 90 persen komponen alat kesehatan Tanah Air masih impor. 

    "Mempunyai satu ketahan nasional di bidang strategis atau fundamental harus menjadi fokus dan diseriuskan, itu juga mencakup alat kesehatan," terangnya.

    Putra Presiden Ketiga Indonesia B.J Habibie itu juga menyarankan perlu ada aturan yang afirmatif untuk produk-produk dalam negeri, tidak hanya alat kesehatan. "Itu saya kira salah satu esensi yang kita harus integrasikan dalam renca strategi ke depan bahwa ada peraturan afirmatif pada kita sendiri," tuturnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id