Ruangguru Gratiskan Layanan Sekolah Online

    Ilham Pratama Putra - 16 Maret 2020 14:50 WIB
    Ruangguru Gratiskan Layanan Sekolah <i>Online</i>
    Ilustrasi. Foto: Kemendikbud/Humas
    Jakarta: Guna menjawab tantangan belajar daring yang diinstruksikan pemerintah, aplikasi Ruangguru menggratiskan layanan belajar online-nya. Melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis, siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa.

    "Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 - 12.00 WIB," Kata  Chief Executive Officer (CEO) dan Pendiri Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara dalam keterangannya, Sabtu 14 Maret 2020.

    Belva menjelaskan akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional. Mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

    "Para siswa yang belum dapat mengikuti sesi di pagi hari dapat juga mengakses rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB," lanjut Belva.

    Baca juga:  Sekolah Diliburkan, Ruangguru Laku Keras Kalahkan TikTok

    Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout. Layaknya sekolah biasa, siswa juga dapat mengajukan pertanyaan melalui live chat.

    "Terdapat pula fitur set reminder pada aplikasi yang dapat mengingatkan siswa secara otomatis apabila sebuah kelas akan dimulai pada jam yang telah ditentukan," lanjut Belva.

    Tak hanya siswa, guru juga difasilitasi. Hal ini guna meningkatkan kompetensi guru selama masa penutupan sekolah.

    "Pelatihan Guru Online yang tersedia di aplikasi Ruangguru, gratis selama satu bulan ke depan. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional," terang dia.

    Sekolah Online Ruangguru Gratis dibuka setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan covid-19 sebagai pandemi. Pun Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) juga merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh. Sebab virus korona telah mengganggu kegiatan bersekolah 290 juta siswa di seluruh dunia. 



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id