Dana Riset Pendidikan Tinggi Rp1,37 Triliun di 2020

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 27 Januari 2020 20:56 WIB
    Dana Riset Pendidikan Tinggi Rp1,37 Triliun di 2020
    Menteri Riset Teknologi Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro di gedung BPPT Foto: Medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Jumlah dana riset pendidikan tinggi yang akan dikelola Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2020 mencapai Rp1,373 triliun.  Dana riset ini diambil dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

    Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro menyebutkan, dana riset pendidikan tinggi diambil dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).  Merujuk pada pasal 88 (5,6,7) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang  Pendidikan Tinggi yang berbunyi Pemerintah mengalokasikan dana Bantuan Operasional PTN dari anggaran fungsi Pendidikan, pemerintah mengalokasikan paling sedikit 30%.

    Untuk tahun ini, kata Bambang, total dana riset pendidikan tinggi yang akan dikelola Kemenristek mencapai Rp1,373 triliun.  Sedangkan untuk dana pengabdian kepada masyarakat Rp89,7 miliar.

    "Ini adalah bagian dari APBN 2020 yang disepakati bulan September kemarin (2019) dan kini adalah implementasinya dari BOPTN 2020 di luar yang sudah dialokasikan pendidikan, yang akan dialokasikan riset di 2020," jelas Bambang di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Senin, 27 Januari 2020.

    Lebih rinci Bambang menjelaskan, dana yang dialokasikan untuk PTN-Berbadan Hukum senilai Rp514,3 miliar. Kemudian dana riset nonPTNBH Rp385,324 miliar.

    "Perguruan tinggi swasta keseluruhan adalah 474,2 miliar rupiah yang totalnya adalah total riset yang ada dalam BOPTN," terangnya.

    Untuk diketahui, dana penelitian dan pengabdian di perguruan tinggi dipastikan akan dikelola Kemenristek/BRIN.  Keputusan ini berlaku setelah perubahan nomenklatur Pendidikan Tinggi kembali ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    "Sudah ada perjanjian antara kami dengan Mendikbud, bahwa pengelolaan penelitian di perguruan tinggi akan dilakukan oleh Kemenristek/ BRIN, melalui kegiatan pengabdian masyarakat," jelas Bambang.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id