Nadiem Mengaku Frustasi Indonesia Belum Dikenal Dunia

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 10 Januari 2020 13:08 WIB
    Nadiem Mengaku Frustasi Indonesia Belum Dikenal Dunia
    Mendikbud, Nadiem Makarim (kiri) bersama Managing Director, Netflix Asia Kuek Yu-Chuang (kanan), Foto: Medcom.id/ Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengaku frustasi Indonesia masih belum bisa tampil di panggung dunia.  Padahal Indonesia memiliki kekayaan alam yang berkualitas dunia.

    Untuk itu ia menegaskan, saat ini sudah saatnya Indonesia unjuk gigi di panggung dunia. Salah satunya lewat perfilman.

    “Sudah waktunya kita tampil di panggung dunia, ini membuat saya frustasi luar biasa, negara keindahan seperti kita enggak dikenal, sebesar kita enggak dikenal,” ungkap Nadiem di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

    Menurutnya, ini bukan soal gengsi semata.  Tapi juga soal mindset, menurutnya dengan tampil di panggung dunia bisa meningkatkan pola pikir sekaligus menginpirasi generasi milenial untuk berkreasi lewat film.

    Nadiem menjelaskan kenapa film merupakan media yang manjur untuk tampil di panggung dunia.  Film, kata Nadiem, bisa menjadi kanal untuk mendistribusikan talenta budaya yang paling cepat.

    “Jadi ingin menunjukkan kemampuan kita, memamerkan budaya kita, kehebatan talenta kita. Saya rasa enggak ada cara selain perfilman, jadi kalau kita melakukan diplomasi budaya ke luar dan tampil di panggung dunia itu esensi dari pada SDM unggul itu, bahwa kita menjadi kompetitif bukan hanya di negara kita, tapi secara global,” teranganya.

    Sebelumnya, Kemendikbud menjalin kerja sama dengan penyedian layanan streaming film Netflix dalam meningkatkan kapasitas sineas dalam negeri melalui program ‘Script to Screen’.  Nantinya bakal ada 10 orang sineas yang dikirim ke markas Netflix di Hollywood untuk memperdalam ilmu menulis naskah dan belajar produksi dan post produksi, serta berinteraksi dengan kreator dari luar negeri.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id