Mengajarkan Siswa Berbagi Melalui Momentum Berkurban

    Citra Larasati - 12 Agustus 2019 14:35 WIB
    Mengajarkan Siswa Berbagi Melalui Momentum Berkurban
    Siswa Kharisma Bangsa saat membagikan hewan kurban kepada warga sekitar sekolah. Medcom.id/Citra Larasati.
    Jakarta:  Hari raya Iduladha menjadi satu dari tiga kegiatan keagamaan yang diperingati secara besar-besaran oleh Sekolah Kharisma Bangsa.  Momentum ini merupakan waktu yang tepat untuk mempraktikkan nilai-nilai berkurban yang ditanamkan oleh Nabi Ibrahim.

    Penanggung jawab pelaksanaan kurban di Sekolah Kharisma Bangsa, Mehmet Cetin mengatakan, ada tiga momentum perayaan keagamaan yang dirayakan secara spesial oleh sekolah yang berlokasi di Pondok Cabe, Tangerang Selatan ini.  Yakni Idulfitri, Iduladha, dan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

    "Kalau Idulfitri kami gelar buka puasa bersama orang tidak mampu, kalau Iduladha kami ajarkan anak-anak berkurban dan membagikan daging kurban ke penduduk sekitar sekolah dan panti jompo juga panti asuhan," kata Mehmet, di Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019.

    Sudah menjadi tradisi di Kharisma Bangsa pada setiap perayaan hari kurban untuk melibatkan seluruh keluarga besar menyisihkan sebagian rezekinya untuk berkurban di sekolah.  Mulai dari siswa, guru, karyawan, hingga orang tua siswa diajak untuk berkurban di sekolah.

    Hal ini juga dilakukan di 10 sekolah jaringan Kharisma Bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia.  Dari tradisi tersebut, tahun ini seluruh jaringan sekolah Kharisman Bangsa berhasil menghimpun 177 ekor sapi untuk dikurbankan dan dagingnya dibagikan kepada warga yang membutuhkan d sekitar sekolah.

    Seluruh anggota keluarga besar Kharisma Bangsa dipersilakan untuk menyumbang berupa sapi atau kambing, selain itu juga diperkenankan mendermakan dalam bentuk uang.  Hal ini semata-mata dilakukan untuk mempraktikkan penguatan pendidikan karakter serta agama yang tengah gencar digaungkan oleh pemerintah.

    Baca:  Rektor UII Ajak Seluruh Bangsa Meneladani Nabi Ibrahim

    Tidak hanya membuka donasi, siswa bersama orang tua juga dilibatkan dalam penggalangan dana berupa kegiatan Market Day, yang digelar selama 17 hari berturut-turut menjelang hari Iduladha,  Setiap kelas diberi kesempatan untuk berjualan di Market Day, kemudian hasil dari penjualan tersebut 100 persen akan disumbangkan untuk membeli hewan kurban.

    "Tahun ini Market Day berhasil menyumbangkan Rp85 juta untuk membeli hewan kurban.  Kegiatan ini sungguh mampu meningkatkan rasa kepedulian siswa dan orang tua siswa. mereka sangat antusiasi membuat berbagai panganan untuk dijual di Market Day ini," terang mantan menantu Rhoma Irama ini.

    pada hari H pelaksanaan kurban kemarin, Kharisma Bangsa sendiri berhasil mendistribusikan sekitar 10.000-12.000 kantong daging untuk warga sekitar. "Selain mengajarkan berbagi, rasa kepedulian siswa kami pun meningkat," terangnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id