228 Calon Doktor Muda Ikuti PMDSU 2019

    Intan Yunelia - 16 Oktober 2019 04:00 WIB
    228 Calon Doktor Muda Ikuti PMDSU 2019
    228 calon Doktor muda menghadiri Anjangsana Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) tahun 2019. Foto: IST
    Jakarta: 228 calon Doktor muda menghadiri Anjangsana Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) tahun 2019. Para peserta merupakan mahasiswa penerima beasiswa PMDSU Batch III yang berasal dari 11 perguruan tinggi.

    Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti mengatakan PMDSU salah satu terobosan Kemenristekdikti untuk melahirkan dosen dan peneliti unggul di masa depan. Pasalnya, para mahasiswa PMDSU ini diproyeksikan akan lulus Doktor di usia kurang dari 30 tahun.

    “Kita membutuhkan dosen muda karena dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, dosen millennial ini akan lebih mudah untuk beradaptasi. Di sisi lain, banyak pula dosen yang mulai pensiun. Namun untuk regenerasi dosen, kita masih memiliki tantangan, terutama pada peningkatan kualifikasinya,” kata Ghufron di siaran pers, Selasa 15 Oktober 2019.

    Dalam Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTer) per Oktober 2019, jumlah dosen berusia di bawah 40 tahun sebanyak 104.470 dosen dari 253.214 dosen. Jumlah tersebut sebagian besar bergelar Master.

    Ghufron menyampaikan populasi dosen bergelar Doktor masih sekitar 15 persen. Ia optimistis dengan Skema PMDSU para lulusannya akan mengisi kebutuhan SDM untuk memajukan pendidikan tinggi di Indonesia.

    “Kita membutuhkan dosen muda karena dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, dosen millennial ini akan lebih mudah untuk beradaptasi. Di sisi lain, banyak pula dosen yang mulai pensiun. Namun untuk regenerasi dosen, kita masih memiliki tantangan, terutama pada peningkatan kualifikasinya,” ujar Ghufron.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id