Rumah Moderasi Beragama Pertama Dibangun di UIN Bandung

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 26 November 2019 20:03 WIB
    Rumah Moderasi Beragama Pertama Dibangun di UIN Bandung
    Menag, Fachrul Razi meresmikan rumah moderasi beragama pertama di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Foto: Kemenag/Humas
    Jakarta:  Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi meresmikan rumah moderasi beragama pertama di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).  Gedung dua lantai ini terletak di Kampus III Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, dan telah memiliki 300 santri.

    Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi mengapresiasi keberadaan rumah moderasi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.  "Saya bangga sekali dengan adanya rumah moderasi ini sehingga dapat menjadi tempat belajar tentang apa itu moderasi beragama," ujar Menag, Selasa, 26 November 2019.

    Menag menegaskan, bahwa moderasi beragama tidak hanya dilakukan pada Agama Islam saja, tapi juga agama-agama lain.  "Sekali lagi saya tekankan, bukan agamanya yang dimoderasi tapi kehidupan beragama kita yang perlu dimoderasi," tutur Menag.

    Rektor UIN Sunan Gunung Djati Mahmud mengatakan bahwa kampusnya merupakan PTKIN  pertama yang membangun rumah moderasi beragama dari 58 PTKIN yang ada.

    Ia berharap, ke depannya rumah moderasi ini dapat menjadi tempat candradimuka para mubalig, penyuluh, dan guru-guru yang moderat dalam mengajarkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

    Sebelumnya, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) diminta mendirikan rumah moderasi beragama. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor B-3663.1/Dj.I/BA.02/10/2019 tertanggal 29 Oktober 2019 tentang Edaran Rumah Moderasi Beragama.
     
    Surat edaran yang ditujukan kepada seluruh Rektor/Ketua PTKIN itu meminta agar setiap kampus mendirikan dan menyelenggarakan “Rumah Moderasi Beragama”. "Rumah ini akan menjadi tempat penyemaian, edukasi, pendampingan, pengaduan, dan penguatan atas wacana dan gerakan moderasi beragama di lingkungan kampus PTKIN," kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa, 5 November 2019.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id