Mengusir Hama Lebih Mudah Lewat Telepon Cerdas

    Intan Yunelia - 18 Desember 2019 15:13 WIB
    Mengusir Hama Lebih Mudah Lewat Telepon Cerdas
    Foto: UNS/Humas
    Jakarta:  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuat teknologi pengusir hama serangga berbasis Internet of Things.  Temuan ini membuat UNS mendapatkan juara I di ajang 'Mechanical Engineering Expo 2019'.

    Mahasiswa yang  membuat alat perangkap hama serangga hemat energi berbasis Internet of Things ini bernama M. Maulana Yusuf dari Teknik Elektro, Alvin Ichwannur Ridho dari Teknik Elektro dan Farah Yuki Prasetyawati dari Pendidikan Fisika. Mereka memberi nama temuan tersebut 'ANSIOT' sebagai solusi pencegahan kerusakan tanaman bawang merah oleh organisme perusak tanaman (OPT) di Kota Brebes.

    Salah satu anggota Tim UNS, Alvin mengatakan, ANSIOT ini merupakan alat sederhana yang mudah digunakan. Disebut hemat energi karena sumber energi utama dalam mengoperasikan alat tersebut menggunakan panel surya dan sistem kerjanya dapat diawasi secara real time oleh petani di manapun dan kapanpun melalui telepon cerdas.

    "Sebagai objek sasaran alat pengusir hama ini, kami menargetkan Kota Brebes, hal itu dikarenakan Kota Brebes menjadi salah satu kota dengan komoditas bawang merah terbesar di Indonesia, serta menjadi pengguna pestisida terbesar se-Asia Tenggara untuk membasmi hama pada tanaman bawang," kata Alvin dalam siaran pers, Rabu, 18 Desember 2019.

    Mereka menilai, di era sekarang, ide dan inovasi menjadi hal yang teramat berharga. Apalagi, bila ide dan inovasi tersebut digabungkan dengan teknologi dan berguna untuk membantu kehidupan manusia.

    Perlu diketahui, ajang Mechanical Engineering Expo 2019 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang di dalamnya terdapat lomba karya tulis ilmiah. Selain UNS yang menjadi juara I, Juara ke II diraih oleh Universitas Sriwijaya dan Juara III Institut Teknologi Bandung.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id