Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2020 Digelar Daring

    Arga sumantri - 18 November 2020 14:18 WIB
    Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2020 Digelar Daring
    Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud, Jumeri. Zoom
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi membuka helatan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, ajang tersebut digelar secara daring tahun ini.

    Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Jumeri, secara resmi membuka KOSN 2020 pada Senin, 16 November 2020. KOSN 2020 diharapkan menjadi wadah untuk menanamkan, melaksanakan, dan menyebarluaskan perilaku sportif.

    "Selamat kepada kalian semua yang selalu terus telah berjuang bersemangat belajar dan membangun eksistensi diri melalui aktivitas yang positif," ujar Jumeri melalui keterangan tertulis yang dikutip Rabu, 18 November 2020.

    Jumeri mengatakan, pandemi memberikan tantangan luar biasa untuk kompetisi olahraga semacam ini karena berpotensi memicu kerumunan. Namun, semangat siswa yang memiliki potensi dan talenta di bidang olahraga tidak bisa dipadamkan begitu saja.

    "Oleh sebab itu, Kemendikbud telah melakukan diskusi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan stakeholder lainnya untuk tetap melaksanakan kompetisi olahraga siswa walau secara daring," ujarnya.

    Menurut Jumeri, KOSN 2020 dengan konsep virtual ini telah melahirkan terobosan baru di dunia kompetisi olahraga. Jumeri berpesan seluruh peserta bisa berkompetisi dengan menjunjung kejujuran, sportifitas dan integritas.

    "Jangan melakukan sesuatu pekerjaan didasari atau mendapatkan pujian, melainkan lakukan dengan niat baik dan ketulusan," ungkapnya.

    Baca: SKB 4 Menteri Tentang Pembukaan Sekolah Tengah Digodok

    Pandemi membuat KOSN 2020 hanya melombakan dua cabang olahraga, yakni pencak silat dan karate. Walau digelar secara daring, jumlah siswa yang mendaftar pada seleksi provinsi mencapai 2.628 siswa SD dan SMP, serta 5.541 siswa SMA dan SMK. Jumlah ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah pelaksanaan KOSN tingkat provinsi.

    Babak penyisihan tingkat nasional, peserta KOSN berjumlah 136 siswa SD, 136 siswa SMP, 261 siswa SMA, dan 233 siswa SMK dari 33 provinsi. Tahun ini, terdapat beberapa sekolah Indonesia di luar negeri yang turut menjadi peserta KOSN jenjang pendidikan menengah, yaitu Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Arab Saudi, Thailand, Belanda, dan Malaysia.

    Rangkaian pelaksanaak KOSN 2020 terbagi berdasarkan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pendidikan dasar meliputi SD dan SMP, akan digelar pada 2-7 Desember 2020. Sementara, untuk jenjang SMA dan SMK akan digelar 16-21 November 2020.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id