SDM Berkualitas di Bidang Teknologi Menjadi Kebutuhan

    Ilham Pratama Putra - 10 Juni 2021 19:49 WIB
    SDM Berkualitas di Bidang Teknologi Menjadi Kebutuhan
    Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta.



    Jakarta: Chief Administration Officer PT Trakindo Utama , Yullia Yasmina menyebut Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di bidang teknologi telah menjadi kebutuhan. Yulia percaya membangun SDM berkualitas di bidang teknologi dapat dilakukan melalui pendidikan.

    "Strategi dan perubahan di bidang pendidikan tinggi yang kemudian berdampak pada pendidikan menengah akan menentukan kemampuan SDM di Indonesia di bidang teknologi," kata Yulia dalam Bincang Perspektif Trakindo: Masa Depan Pendidikan Teknologi di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 secara daring, Kamis, 10 Juni 2021.

     



    Ia mengatakan, industri akan sangat membutuhkan SDM berkualitas. Penyerapan SDM berkualitas sudah barang tentu membuat dunia industri bakal lebih maju.

    "Kami dari dunia industri harus dapat memanfaatkan momentum ini untuk menjadi lebih inovatif, proaktif, dan adaptif dalam menghadapi tantangan zaman yang terjadi saat ini dan di masa depan nantinya," papar Yulia.

    Baca: RUU KUP, Sekolah Tak Bebas PPN Lagi

    Dia mengatakan, saat ini teknologi menjadi tulang punggung dalam pembangunan Indonesia. Terlebih, di masa intensifikasi pembangunan infrastruktur yang saat ini tengah digencarkan di berbagai daerah di Indonesia. 

    Selanjutnya, teknologi juga menjadi kebutuhan utama di tengah revolusi industri 4.0 yang baru dimulai dan akan menghadirkan tantangan-tantangan baru. Baik itu berupa perubahan cara masyarakat bekerja hingga mencapai tujuannya.

    Seiring perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, kata dia, kemajuan di bidang industri, utamanya alat berat, membutuhkan SDM yang tidak hanya terampil di bidang mekanikal, tapi juga di bidang elektrikal. Pihaknya pun mendukung pengembangan di jurusan-jurusan terkait teknologi, serta menambah dukungan dan kerja sama di bidang elektrikal. 

    "Selain memenuhi kebutuhan bisnis, hal ini diperlukan untuk menyiapkan tenaga terlatih yang siap kerja dan mampu menghadapi tuntutan teknologi masa depan," ungkap Yulia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id