comscore

Keren, Ilmuwan IPB Jadi Orang Indonesia Pertama yang Terima Gelar Doktor Kehormatan Universitas Helsinki

Renatha Swasty - 25 Juni 2022 09:49 WIB
Keren, Ilmuwan IPB Jadi Orang Indonesia Pertama yang Terima Gelar Doktor Kehormatan Universitas Helsinki
Daniel Murdiyarso. DOK IPB
Jakarta: Dosen dan ilmuwan IPB University tidak henti-hentinya mengokohkan eksistensi dan prestasi di mata dunia. Dedikasi dan riset selama puluhan tahun di bidang ekosistem, lahan gambut, dan perubahan iklim berbuah manis.

Guru Besar IPB University dari Departemen Geofisika dan Meteorologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Daniel Murdiyarso menjadi orang Indonesia pertama yang menerima Gelar Doktor Kehormatan di Universitas Helsinki Finlandia. Gelar kehormatan diberikan kepada individu yang terpilih dalam sebuah upacara penganugerahan.
Tahun ini, dipilih 30 ilmuwan dan tokoh masyarakat dari berbagai belahan dunia untuk menerima gelar kehormatan tersebut. Setelah lebih dari 30 tahun berkarier, Daniel menjadi salah satu dari delapan ilmuwan yang menerima gelar Doctor Honoris Causa dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Helsinki.

Seremonial pengukuhan pada pada 17 Juni 2022 setelah tertunda sejak 2020 akibat pandemi covid-19. Daniel mengaku sangat bersyukur dan bangga atas penganugerahan tersebut.

Dari berbagai kriteria dan bidang keilmuan yang diseleksi oleh tim panitia, bentuk pengabdian Daniel di bidang kehutanan dan iklim mendapatkan pengakuan. Daniel mengaku dia bisa terpilih lantaran bidang riset yang digelutinya unik.

Keren, Ilmuwan IPB Jadi Orang Indonesia Pertama yang Terima Gelar Doktor Kehormatan Universitas Helsinki
Daniel Murdiyarso meneliti soal lahan gambut. DOK IPB

“Dari pembacaan anugerah oleh Universitas Helsinki, yang menjadi kunci mengapa saya terpilih adalah bagaimana secara konsisten saya mengangkat isu yang tidak terlalu populer atau tidak terlalu disukai karena objeknya adalah hutan di lahan gambut,” kata Daniel dalam keterangan tertulis, Sabtu, 25 Juni 2022.

Daniel mengaku penelitian di bidang itu sangat berat, berbahaya, dan mahal. Kelancaran risetnya selama ini tidak lepas dari partisipasi mahasiswa dan tim peneliti IPB University.

“Luaran penelitian tersebut sangat strategis untuk membantu pengambilan kebijakan, khususnya yang terkait dengan pengendalian perubahan iklim. Di samping tentu saja meningkatkan kapasitas generasi muda,” papar dia.

Daniel menyebut lewat penganugerahaan ini ke depan Indonesia dan Finlandia terutama perguruan tingginya, termasuk IPB University memiliki peluang menjalin kerja sama untuk mengatasi masalah yang dihadapi kedua negara, yaitu kelestarian ekosistem gambut. Dia menyebut hal itu bisa dimulai dengan kerja sama ilmiah sebagai diplomasi iklim untuk mempererat hubungan antara Finlandia dan Indonesia.

“University of Helsinki dan IPB University harus memimpin di bidang yang terkait dengan masa depan planet bumi dan generasi muda. IPB University bisa berkontribusi dengan berbagai kelebihannya dan flagship isu-isu daerah tropis. Paling tidak itu harapan saya untuk almamater,” kata Daniel.

Baca: AD Scientific Index, 2 Dosen IPB Masuk Top 100 Ilmuwan Terbaik di Indonesia 2022

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id