Perguruan Tinggi ASEAN Siap Hadapi Perkuliahan pada Era New Normal

    Intan Yunelia - 17 Juli 2020 16:51 WIB
    Perguruan Tinggi ASEAN Siap Hadapi Perkuliahan pada Era New Normal
    ASEAN Learning Network (ALN) mengadakan pertemuan virtual Executive Committee (Exco) pada Senin, 6 Juli 2020 (Foto:dok.UNPAR)



    Bandung: Masa pandemi covid-19 memberikan tantang tersendiri bagi dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Digitalisasi pendidikan berkembang melalui metode pembelajaran secara virtual, tanpa pertemuan fisik. 

    Kondisi tersebut menjadi perhatian ASEAN Learning Network (ALN) sebagai jejaring perguruan tinggi kawasan Asia Tenggara. ALN mengadakan pertemuan virtual Executive Committee (Exco) pada Senin, 6 Juli 2020.

     



    Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) sebagai tuan rumah melibatkan partisipan 16 institusi anggota ALN, di antaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, serta perwakilan institusi yang berstatus sebagai pengamat atau observer.

    Situasi global menjadi salah satu topik yang dibahas khusus dalam rapat tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai elemen dan aktivitas ALN terdampak karena hal tersebut. Namun, seluruh anggota ALN tetap optimistis dalam menjalin kolaborasi dan melangkah bersama menghadapi masa pandemi ini.

    Usai pertemuan Exco ALN, UNPAR menyelenggarakan Webinar International bertajuk Surviving and Thriving Beyond the COVID Pandemic - Charting the New Normal. 

    Webinar tersebut diikuti oleh lebih dari 300 partisipan yang berasal tidak hanya dari Asia Tenggara, namun juga dari berbagai penjuru dunia. Webinar ditayangkan secara langsung melalui siaran live streaming YouTube. 

    Sesuai tema, webinar menyorot tantangan yang dihadapi institusi pendidikan tinggi di tengah pandemi, sekaligus membahas peran intelektual institusi dalam mendukung masyarakat menyongsong Normal Baru. 

    Pencetus ALN, Prof Em. Dr. Chong Li Choy mengungkapkan momen ini menjadi momen transformasi bagi ALN dan para anggotanya untuk menjawab tantangan sesuai konteks masa kini, sekaligus mempersiapkan peserta didik akan penguasaan teknologi dan pemahaman bidang ilmu yang mumpuni.

    Sesi pertama dengan tajuk 'The Future of Higher Education' menghadirkan perspektif dari tiga pimpinan institusi pendidikan tinggi akan tantangan yang hadir dalam situasi pandemi global, serta solusi terhadap tantangan tersebut. Paparan Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D. menyoroti pentingnya deregulasi kebijakan dan peran aktif pemerintah bersama institusi dalam menciptakan kampus dan mahasiswa yang ‘merdeka’, mampu beradaptasi dan berinovasi sesuai dengan situasi terkini.

    Selanjutnya, Rektor Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Prof Em. Dato' Ir. Zainai Mohamed, serta Rektor Universitas San Beda Filipina Rev. Fr. Aloysius Ma. A. Maranan, OSB berbagi pengalaman dari institusi yang mereka pimpin dalam menghadapi pandemi. Dengan memanfaatkan metode dan teknologi secara tepat, perguruan tinggi mampu beradaptasi tanpa menghilangkan esensi pembelajaran dan nilai-nilai yang dijunjung masing-masing institusi.

    Pun sesi kedua ada tiga pembicara yang hadir dengan mengemukakan pandangan akan tantangan dan peluang menyambung Normal Baru dengan topik 'Charting the New Normal'. Pemanfaatan teknologi secara tepat menjadi kunci dalam inovasi Normal Baru ini. 

    Dari pandangannya masing-masing, Prof. Dr. Salleh Abd Rashid (Universiti Malaysia Perlis - Malaysia), Retno A. Ekaputri, Ph.D. (Universitas Bengkulu - Indonesia) dan Dr. Eaknarin Ruangrak (Prince Songkla University - Thailand) sepakat bahwa institusi pendidikan tinggi perlu menjadi penggerak dalam inovasi Normal Baru yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

    Melalui keikutsertaan dengan organisasi dan jejaring universitas internasional, Unpar terus aktif menjalin kolaborasi dengan komunitas pendidikan tinggi di tingkat regional serta global. Melalui pertukaran ilmu dan kerja sama mutualisme, Unpar berkomitmen untuk mengembangkan diri dan memberikan pengalaman belajar terbaik bagi komunitasnya. Internasionalisasi ini kian penting dalam menghadapi masa depan pasca-pandemi yang penuh tantangan dan peluang berinovasi.


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id