Wapres: Iptek Sebagai Landasan Pembangunan Nasional

    Ilham Pratama Putra - 24 Februari 2020 20:21 WIB
    Wapres: Iptek Sebagai Landasan Pembangunan Nasional
    Wakil Presiden, Ma'ruf Amin di Gedung BPPT, Jakarta, Senin 24 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta: Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mengatakan, segala perencanaan pembangunan nasional harus berlandaskan kajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).  Hal itu telah tertuang dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek).

    Ma'ruf menyebutkan, langkah ini sejalan dengan visi dan misi Presiden, Joko Widodo. Presiden ingin semua agenda pembangunan harus dikaji oleh penelitian yang mendalam.

    "Sudah masuk dalam kerangka pikir agenda pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang 2020-2024," kata Ma'ruf di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Senin 24 Februari 2020.

    Dia menyebut, BPPT bisa diandalkan dalam pengkajian dan penerapan Iptek tersebut. Hal ini penting karena kemampuan menguasai, mengembangkan dan memanfaatkan Iptek juga dapat membedakan tingkat kemajuan satu negara. 

    "Salah satu tolok ukur keberhasilan BPPT adalah terpakainya inovasi teknologi oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu BPPT membutuhkan mitra, untuk hilirisasi teknologi inovasi tersebut," jelas dia.

    Baca juga:  Wapres: Riset BPPT Harus Terpakai Masyarakat 

    Dia mendukung penuh langkah BPPT dalam melaksanakan kerja sama dengan industri, kementerian, lembaga, dan perguruan tinggi.  Sebab saat ini perkembangan Iptek begitu pesat.

    "Inovasi baru terus bermunculan, inovasi yang efesiensi dan efektif bisa dalam semua sektor industri, baik produksi jasa dan informasi. Inovasi inilah yang memiliki nilai tambah dari satu produk yang akan berdampak pada perekonomian bangsa," pungkasnya.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id