BPIP: Pendidikan Pancasila Belum Prioritas UU Sisdiknas

    Ilham Pratama Putra - 12 Juni 2020 16:12 WIB
    BPIP: Pendidikan Pancasila Belum Prioritas UU Sisdiknas
    Ilustrasi. Media Indonesia
    Jakarta: Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Benny Susetyo, menyebut Pancasila harus menjadi prioritas pendidikan di Indonesia. Ia menilai, saat ini belum ada keseriusan dunia pendidikan untuk menjadikan Pancasila menjadi bagian sistem pendidikan.

    "Problem undang-undang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) hari ini pendidikan Pancasila tidak diampu menjadi prioritas utama," kata Benny dalam konferensi video, Jumat, 12 Juni 2020.

    Padahal, menurutnya, Pancasila mampu membentuk karakter pendidikan yang lebih kuat. Dia berharap pendidikan Pancasila bisa lebih kuat dan diatur dalam bentuk kurikulum yang lebih masif.

    "Lewat Pancasila nantinya anak muda kita akan lebih mampu mengambil tindakan yang sesuai dengan sila-sila yang ada," ungkap Benny.

    Benny menjelaskan, anak Indonesia akan lebih mengerti makna dari sebuah pembangunan. Anak Indonesia mengerti jika pembangunan merupakan nilai dari sila kedua, yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

    "Misal saat mereka membangun jembatan. Itu kan jadi penghubung masyarakat desa untuk berjualan. Jadi masyarakat desa memiliki penghidupan lebih baik dari hasil pertanian yang dia jual, ya menggunakan jembatan itu," ujar Benny.

    Baca: Sekolah Swasta Dinilai Kurang Diperhatikan saat PPDB

    Begitu pula dengan sila ketiga, Persatuan Indonesia. Menurutnya, anak-anak Indonesia yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) hari ini, harus memiliki nilai tersebut.

    "Sekarang kalau semua punya nilai sila ketiga itu, kita akan bergotong royong misal lewat aplikasi untuk sosialisasi bahaya virus korona. Jadi semua semakin terpacu untuk berinovasi," ungkap dia.

    Benny berharap, pendidikan Pancasila dapat dijadikan prioritas. Sejauh ini UU Sisdiknas dianggap hanya berkutat pada kemajuan teknologi.

    "Kemajuan teknologi bagus, tapi Pancasila harus jadi prioritas. Harus jadi landasan berpikir dan kebijaksanaan anak muda kita," ucap Benny.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id