Panglima TNI Raih Gelar Honoris Causa dari UNS

    Pythag Kurniati - 20 September 2019 15:30 WIB
    Panglima TNI Raih Gelar Honoris Causa dari UNS
    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di UNS. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati
    Solo:  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.  Gelar diperoleh atas tekadnya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

    Pemberian gelar dilakukan di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Jumat, 20 September 2019. Dalam acara tersebut, Hadi juga memaparkan orasi ilmiah berjudul 'Membangun Sumber Daya Manusia Unggul dalam Menghadapi Era Perubahan Mewujudkan Indonesia Maju'.

    Panglima menyebut dunia terus berubah seiring perkembangan zaman. "Manusia juga terus mengembangkan ilmu pengetahuan untuk bertahan hidup," kata Hadi dalam paparannya.

    Jika dahulu manusia hanya berburu dan mengumpulkan makanan, kini manusia jauh berubah lebih baik. "Bahkan saat ini manusia sedang dalam masa perubahan ke tingkat yang maju," kata Hadi.

    Indonesia, kata dia, juga dalam masa transisi. Kini Indonesia sedang menghadapi tantangan bonus demografi yang harus diolah agar mampu menciptakan SDM berkualitas.

    "Pendidikan adalah kunci dari peningkatan kualitas SDM. Sehingga SDM kita bisa bersaing di dunia global," katanya.

    Selama menjadi pejabat di jajaran TNI ataupun TNI AU, Hadi pun selalu turut serta membangun SDM masyarakat melalui beberapa program. "Di daerah pinggiran, kami menugaskan anggota untuk ikut mengajar, memberikan pelayanan kesehatan," ujar dia.

    Sejak menjadi Danlanud Adi Soemarmo di Solo, Hadi pun mulai merintis sekolah unggulan bersama UNS.  Setelah menjadi Panglima TNI, SMA Pradita Dirgantara akhirnya dapat direalisasikan.

    "Diharapkan sekolah ini mampu menghasilkan lulusan yang berwawasan tinggi tentang Iptek, disiplin dan memiliki semangat nasionalisme yang tinggi," katanya.

    Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, Panglima Hadi merupakan Doktor Honoris Causa keempat dari UNS. Hadi dinilai layak mendapatkan penghormatan yang tinggi atas kontribusinya dalam penguatan SDM.

    "Beliau memiliki rekam jejak yang baik dalam peningkatan kualitas SDM. Beliau juga memiliki kemampuan mengevaluasi, berinovasi dan melakukan prediksi," tutupnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id