Penghapusan UN Kemungkinan Dilaksanakan 2021

    Sri Yanti Nainggolan - 30 November 2019 18:08 WIB
    Penghapusan UN Kemungkinan Dilaksanakan 2021
    Ilustrasi. Siswa saat mengikuti UNBK di salah satu sekolah. Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyebut rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) masih dalam kajian. Keputusan baru soal UN kemungkinan baru dijalankan pada 2021. 

    "Sudah pasti 2020 masih akan jalan UN, sebenarnya ini keputusan untuk tahun berikutnya," ujar Nadiem di Jakarta, Sabtu, 30 November 2019. 

    Ia menjelaskan wacana penghapusan UN muncul karena banyak aspirasi masyarakat, seperti orang tua, murid, dan guru. Dasar kebijakan ini disebut bertujuan menghindari hal-hal negatif. Misalnya, stres atau hukuman pada peserta didik.

    "Jadi prinsipnya, bukan wacana menghapus, tapi memperbaiki esensi dari UN itu sendiri apa, untuk menilai prestasi murid atau prestasi sistem," papar dia. 

    Sebelumnya, Nadiem Makarim memberi sedikit bocoran tentang nasib UN yang saat ini tengah dikaji dan dievaluasi. Nadiem mengatakan akan memformat ulang sistem evaluasi berskala nasional yang selama ini diambil perannya oleh UN.

    Mantan bos Gojek ini mengatakan nantinya format tolok ukur evaluasi sistem pendidikan skala nasional akan dikemas tanpa membebani murid dan guru. Tentunya, di dalamnya juga harus berisikan tes yang mengetahui kompetensi dasar murid.

    Anggota Komisi X Fraksi Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian mengusulkan UN diganti mekanisme asesmen secara berkala sebagai pemetaan dan standarisasi kompetensi siswa secara nasional. "Hal ini bisa diadakan setahun sekali, atau sesuai yang dianggap perlu," kata Hetifah di keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu 30 November 2019.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id