Student Performance Siswa Jakarta Kalah dari Vietnam

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 06 Juli 2019 11:24 WIB
    <i>Student Performance</i> Siswa Jakarta Kalah dari Vietnam
    Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
    Jakarta: Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji menyebut kinerja siswa (student performance) di DKI Jakarta tertinggal satu tahun dari Vietnam. Hal ini didasarkan atas rilis Kebijakan Pembangunan 2019 Bank Dunia bertajuk Indonesia 2030 Indonesia Rich Nation, Prosperous People.

    "Anak Jakarta kalah sama anak desa dari Vietnam. Pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) harus jadi prioritas Pak Jokowi di periode kedua ini," kata Indra kepada Medcom.id, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.

    Menurut Indra meski pertumbuhan ekonomi cukup solid dengan pembukaan lapangan kerja baru 1,8 juta per tahun dan angka kemiskinan di bawah 10 persen Indonesia menghadapi tantangan produktivitas yang masih rendah, gaji kecil, dan sedikitnya masyarakat menengah.

    Melalui survei itu Bank Dunia lima rekomendasi perbaikan. Pertama pembangunan SDM sebagai bekal tenaga kerja dengan mutu internasional, "salah satunya dengan program pendidikan yang mumpuni."

    Baca juga: Ukuran Foto Presiden dan Wapres di Sekolah Dibuat Standar

    Bank Dunia menyebut cara meningkatkan mutu SDM melalui kerja sama dengan swasta untuk mengajarkan keterampilan baru. Selain itu juga menginvestasikan lebih untuk kesehatan keluarga.

    Kedua membangun infrastruktur. Menarik pihak swasta untuk berinvestasi, dengan cara melakukan reformasi dan harmonisasi perundang-undangan maupun regulasi.

    Selanjutnya mencari investor asing yang berniat membuka lapangan pekerjaan, bukan spekulan. Pengelolaan sumber daya alam dengan baik, salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai pemimpin dunia penggunaan energi panas bumi. Termasuk melakukan konservasi terumbu karang dan memanfaatkan potensi yang ada.

    Terakhir, pendapatan dan pengeluaran negara harus diperbaiki. Melalui relokasi pengeluaran, dari subsidi yang tidak efisien menjadi program-program yang efektif.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id