Berita Terpopuler Pendidikan: Pengangkatan Sejuta Guru Honorer Hingga Rencana DKI Buka Sekolah

    Arga sumantri - 24 November 2020 07:02 WIB
    Berita Terpopuler Pendidikan: Pengangkatan Sejuta Guru Honorer Hingga Rencana DKI Buka Sekolah
    Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
    Jakarta: Informasi tentang rencana rekrutmen satu juta guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2021 menjadi perhatian pembaca kanal Pendidikan Medcom.id, kemarin. Khususnya, mengenai tata cara mengikuti seleksi program tersebut.

    Penjelasan mengenai proses pendaftaran disampaikan Deputi Sistem Indormasi Kepegawaian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suherman. Ia menjelaskan dalam melakukan pendaftaran, calon peserta wajib membuat akun melalui laman sscasn.bkn.go.id. Lalu, memilih menu PPPK. Setelah itu, calon peserta mengisi atau memenuhi keterangan yang diminta.

    Ia juga memaparkan syarat mereka yang berhak mengikuti seleksi. Antara lain, mesti terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), guru honorer kategori 2 (HK2), dan yang sudah lulus seleksi pendidikan profesi guru (PPG). Berbagai data lainnya harus sinkron dengan data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

    Rencana Pemprov DKI Jakarta membuka sekolah pada Januari 2021 juga banyak diminati pembaca. Kebijakan ini disiapkan menyusul terbitnya 'lampu hijau' dari pemerintah pusat untuk membuka sekolah tatap muka mulai tahun depan.

    Kepastian izin pembukaan sekolah didapat setelah terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menter. Keputusan diteken Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. SKB 4 Menteri itu juga telah direstui oleh Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
     
     

    Berikut tiga berita terpopuler kanal Pendidikan Medcom.id sepanjang Senin, 23 November 2020:

    1. Simak, Cara Pendaftaran Seleksi PPPK untuk Guru Honorer

    Seluruh guru honorer di Indonesia berkesempatan untuk mengikuti seleksi menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada. Kuota PPPK untuk guru honorer mencapai satu juta orang.

    Untuk melakukan pendaftaran, calon peserta wajib membuat akun melalui laman sscasn.bkn.go.id. Lalu, memilih menu PPPK. Setelah itu, calon peserta mengisi atau memenuhi keterangan yang diminta.

    Baca selengkapnya di sini

    2. Januari 2021, DKI Jakarta Izinkan Sekolah Tatap Muka

    Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memutuskan untuk memperbolehkan sekolah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Januari 2021. Namun, sekolah yang akan buka bakal dievaluasi terlebih dahulu kesiapannya.

    "Kami akan memutuskan bahwa Januari ini dibuka bagi sekolah yang memang sudah siap. Namun, tentunya sekolah akan dievaluasi kesiapannya terlebih dahulu," kata Kepala Disdik DKI Jakarta, Nahdiana dalam diskusi daring Persiapan Buka Sekolah di Tengah Pandemi, Minggu, 22 November 2020.

    Baca berita selengkapnya di sini

    3. Sekolah Langgar Protokol Kesehatan, Izin Belajar Tatap Muka Wajib Dicabut

    Sekolah diberikan izin untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Januari 2021. Namun, sekolah harus menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

    Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Evy Mulyani menyebut penerapan protokol kesehatan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri adalah harga mati. Bagi yang melanggar, Pemerintah Daerah (Pemda) harus berani mencabut izin PTM di sekolah tersebut.

    Baca berita selengkapnya di sini

    (AGA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id