Implementasi Kampus Merdeka Sampai ke Kanada

    Ilham Pratama Putra - 24 Maret 2021 11:19 WIB
    Implementasi Kampus Merdeka Sampai ke Kanada
    Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam. Dok Kemendikbud



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerja sama dengan University of Waterloo, Kanada. Hal ini guna mengimplementasi kebijakan Kampus Merdeka di Kanada.

    "Melalui kerja sama ini diharapkan perguruan tinggi Indonesia dapat melakukan implementasi program Kampus Merdeka dengan University of Waterloo," kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Nizam dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan University of Waterloo secara virtual, Selasa, 23 Maret 2021.






    Nizam berharap kerja sama ini dapat mengundang partisipasi aktif dan keterlibatan perguruan tinggi di Indonesia untuk sampai ke University of Waterloo. Sekaligus mengembangkan potensi yang ada di antara kampus di Indonesia dengan Kanada.

    Adapun lingkup dalam kerja sama ini meliputi kolaborasi yang diwujudkan melalui pertukaran kunjungan, pengembangan kurikulum bersama, pengakuan atas transfer kredit. Selain itu mendorong pembentukan blended learning atau Massive Open Online Course hingga penelitian bersama.

    "Jadi ada kolaborasi internasional, pengembangan ilmu big data dan proyek bersama pada Artificial Intelligence (AI)," lanjut Nizam.

    Baca: Pameran Bursa Kerja, Magang HIngga Beasiswa Virtual UI Dibuka

    Kerja sama ini menitikberatkan pada peningkatan sumber daya manusia. Dengan penekanan khusus pada kualitas dan daya saing sumber daya manusia pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia 2020-2024.

    Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden Asosiasi Internasional, Universitas Waterloo, Ian Rowlands menjelaskan, Universitas Waterloo memiliki visi untuk pengembangan dunia pendidikan. Termasuk di dalamnya untuk menciptakan mahasiswa yang siap bersaing secara global.

    "Rencana strategis menekankan komitmen kami untuk mengembangkan pelajar berprestasi yang siap menghadapi dunia modern untuk memajukan penelitian demi kebaikan global, dan memelihara komunitas yang peduli. Kerja sama ini akan bisa berjalan baik dan dapat memenuhi komitmen yang ingin dibangun," tutup Rowlands. 

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id