Kemenag: 85% Madrasah Tunda Pembelajaran Tatap Muka

    Ilham Pratama Putra - 04 Januari 2021 10:26 WIB
    Kemenag: 85% Madrasah Tunda Pembelajaran Tatap Muka
    Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: Pemerintah telah memperbolehkan satuan pendidikan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Januari 2021. Namun, sebagian besar Madrasah ternyata memilih menunda PTM.

    "Kesediaannya mereka (madrasah) untuk membuka (sekolah) itu kecil, jadi kesediaannya 15 persen," kata Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Ali Ramdani, dalam webinar ngopi seksi outlook pendidikan Indonesia 2021, Minggu, 3 Januari 2021.

    Ali mengatakan, sebanyak 85 persen madrasah di Indonesia mengaku tidak bersedia menjalankan PTM. Walaupun sebenarnya, Ali menyebut madrasah sudah sangat siap menjalankan PTM.

    "Madarasah kita kesiapannya tinggi, hasil survei kami 90 persen. Sehingga pada umumnya ketika ditanya siap, ya siap. Tapi kalau ditanya anda (madrasah) mau buka, mereka (madrasah) bilang pikir-pikir dulu," terangnya.

    Baca: Pekanbaru Urungkan Pembelajaran Tatap Muka di Januari

    Menurut Ali, kebijakan ini dilakukan madrasah untuk mengedapankan keselamatan warga pendidikan. Madrasah, kata dia, tidak mau mengambil risiko di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

    "Di mana kemudian pilihan paling baik pada pembelajaran di madarasah kita itu tetap menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)," sambung dia.

    Ali mengatakan, Kemenag telah mengeluarkan kurikulum darurat untuk madrasah. Hal ini agar pembelajaran tetap dapat berlangsung secara baik di tengah pandemi.

    "Ketika kami melihat persoalan ini maka ini peer bersama. Kita berharap pandemi segera berlalu, tapi kita akan menyelesaikan persoalan pendidikan ini," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id