Kemendikbud: Budaya dari Desa Jadi Alat Peredam Modernitas

    Ilham Pratama Putra - 13 April 2021 16:36 WIB
    Kemendikbud: Budaya dari Desa Jadi Alat Peredam Modernitas
    Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid. Foto: Tangkapan layar.



    Jakarta: Modernitas yang tanpa kendala telah banyak menutup identitas budaya asli Indonesia. Utamanya, dari akar budaya Indonesia berasal, yakni desa.

    Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid menyatakan akar budaya yang datang dari desa harus dipertahankan. Bahkan, harus kembali dimunculkan ke permukaan.






    "Modernitas yang tanpa kendali ini jangan sampai mengalahkan salah satu akar budaya kita yang dari desa ini," kata Hilmar dalam Taklimat Media, Selasa, 13 April 2021.

    Menurutnya, dampak dari modernitas harus dikurangi. Pengenalan dan pengetahuan terkait budaya dari desa menjadi modal awal yang baik dalam pelestarian budaya. "Jadi kita awas dan cermat," tegas dia.

    Baca: Kemendikbud Bidik 359 Desa untuk Pemajuan Budaya

    Hilmar menyatakan budaya yang ada di desa menjadi basis yang sangat kuat. Tinggal bagaimana pemerintah, budayawan dan pemangku kepentingan berkolaborasi untuk memanfaatkan dan mengembangkan potensi tersebut.

    "Kita harus bekerja sama dama mencari sumber kekuatan yang luar biasa ini. Saat ini kita masih bingung mengambil apa," jelas dia.

    Menurut dia, proses ini bakal menjadi jalan panjang. Muncul dan menguatnya budaya desa di tengah masyarakat akan memakan waktu yang banyak.

    "Minimal kita tahun ini baru bisa identifikasi, lalu bisa turun dan interaksi dengan masyarakat. Tapi yang paling penting ini sudah bisa menjadi landasan," tutup dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id