Unsoed: Sangat Tidak Disarankan Lintas Prodi di SNMPTN

    Citra Larasati - 22 Februari 2021 09:41 WIB
    Unsoed:  Sangat Tidak Disarankan Lintas Prodi di SNMPTN
    Ilustrasi. Foto: MI



    Jakarta:  Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan, yakni SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ), SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) dan SPMB ( Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ) Mandiri tahun ini.

    SNMPTN adalah seleksi khusus untuk anak kelas 12 dengan menggunakan nilai rapor dan/atau prestasi akademik selama sekolah, dengan kuota di Unsoed sejumlah 30 persen. Kemudian  SBMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil tes yang kuotanya berjumlah 40 persen.




    "SN dan SB adalah seleksi nasional ada pun yang ketiga, diselenggarakan secara mandiri yang kuotanya 30 persen,” jelas Rektor Unsoed, Suwarto, Senin, 22 Februari 2021. 

    Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed, Akhmad Sodiq menjelaskan lebih teknis tentang SNMPTN.  Diungkapkannya bahwa di SNMPTN peserta seleksi dapat memilih maksimal dua program studi.

    “Jika memilih dua program studi, satu program studi harus berada di PTN yang sama dengan Provinsi SMA/SMK/MA asal.  Ada pun bila pilihannya satu, maka bisa di PTN mana pun di Indonesia,” jelasnya.

    Baca juga:  Berikut Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021

    Sodiq juga memaparkan, agar untuk SNMPTN sangat disarankan untuk tidak lintas, namun tetap harus dicek dulu karena setiap ketentuan PTN berbeda.  “Kami menyarankan untuk tidak lintas progam studi. Bila berminat untuk lintas program studi, silakan melalui jalur SBMPTN ataupun SPMB Mandiri. Kedua jalur ini dimungkinkan lintas, karena menyediakan fasilitas kelompok ujian campuran," terangnya.

    Namun, sekali lagi tetap perhatikan persyaratan tiap program studi, seperti khusus untuk kedokteran dan kedokteran gigi tidak bisa dari IPS, karena persyaratannya harus dari IPA.

    Sedangkan khusus untuk calon pendaftar seleksi  mahasiswa baru Unsoed, informasi lengkap seputar penerimaan mahasiswa baru Unsoed tersedia di www.spmb.unsoed.ac.id .  Informasi juga bisa dilihat di media sosial Unsoed, seperti di Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id