comscore

ICMI: UU Sisdiknas Harus Dibuat Paling Update

Ilham Pratama Putra - 08 April 2022 15:40 WIB
ICMI: UU Sisdiknas Harus Dibuat Paling <i>Update</i>
Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Arif Satri. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah merancang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas). Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia berharap undang-undang itu nantinya merupakan versi paling sesuai dengan kebutuhan zaman.

"UU Sisdiknas ini harus yang ter-update seduai dengan perkembangan situasi terkini," kata Ketua ICMI, Arif Satria, dalam webinar Kajian RUU Sisdiknas, Jumat, 8 April 2022.
Arif menuturkan kondisi saat ini sudah tak sama dengan 10 atau 15 tahun lalu. Dia menyebut dibutuhkan penyesuaian di bidang pendidikan melalui RUU Sisdiknas.

"Sehingga sekarang butuh penyesuaian-penyesuaian yang penting karena berkaitan dengan soal perubahan kebutuhan ya. Kebutuhan kompetensi, kebutuhan skill ke depan itu akan seperti apa," tutur dia.

Arif menyebut dunia pendidikan ke depan harus mampu memfasilitasi dan membekali pelajar untuk hidup. Dia mengatakan pendidikan ke depan harus mampu memperkuat karakter hingga kemampuan pelajar.

"Upaya kita untuk merespons perubahan ini kan selalu dikaitkan dengan kemapuan kita untuk memperkuat integritas karakter, dua kompetensi, tiga skill dan mindset, dan juga sejumlah hard skill yang lainnya. Jadi antara karakter, soft skill, dan hard skill itu tiga serangkai yang tidak bisa dipisah-pisahkan," tutur Arif.

Baca: ICMI Bakal Kawal RUU Sisdiknas
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id