comscore

Kemendikbudristek Gelar Lomba Kampanye Digital Bertema Pancasila untuk PAUD Hingga SMA

Citra Larasati - 09 Juni 2022 21:23 WIB
Kemendikbudristek Gelar Lomba Kampanye Digital Bertema Pancasila untuk PAUD Hingga SMA
Kampanye Digital (Digital Campaign Activity) dalam bentuk lomba. Foto: BKHM
Jakarta:  Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan Kampanye Digital (Digital Campaign Activity) dalam bentuk lomba. Kampanye ini bertujuan untuk menyebarluaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang diharapkan mampu mendorong generasi muda bangga terhadap Pancasila.

Sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila yang gencar digaungkan, Puspeka memilih medium yang dekat dengan pelajar dalam membangkitkan nilai-nilai luhur Pancasila di tengah generasi muda. 
Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspeka Kemendikbudristek, Hendarman meyakini, ketika generasi muda sudah mengamalkan Profil Pelajar Pancasila maka dengan sendirinya mereka akan memahami pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Dengan demikian, diharapkan para Pelajar Pancasila akan Bangga Punya Pancasila,” tutur Hendarman dalam siaran pers, Kamis, 9 Juni 2022.

Profil Pelajar Pancasila memiliki enam nilai, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Lebih lanjut, Hendarman mengatakan bahwa rangkaian kegiatan kampanye digital menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi dan menjadikan nilai luhur Pancasila sebagai acuan dalam menemukan solusi. 

“Seperti kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan berbangsa dan bernegara dikarenakan tidak adanya pengetahuan serta pemahaman akan Pancasila itu sendiri yang menyebabkan adanya degradasi pemahaman dan pengamalan,” terangnya. 

Hendarman berharap, melalui kegiatan ini, para generasi muda khususnya tidak hanya sekadar mengetahui apa saja nilai-nilai Pancasila namun juga tergerak untuk mengamalkan nilai luhur tersebut di dalam kesehariannya. “Dengan mendekatkan Pancasila dengan elemen-elemen berkehidupan sehari-hari di kalangan generasi muda, maka mereka bisa dekat dan bangga dengan menjalankan ideologi Pancasila dalam keseharian mereka,” ujarnya optimistis.

Berbagai rangkaian kegiatan Kampanye Digital digagas dalam bentuk berbagai lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kontribusi generasi muda dalam mengaplikasikan semangat jiwa Pancasila yang sejalan dengan nilai profil pelajar pancasila. Selain itu untuk menyebarluaskan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan lomba dengan menampilkan kemampuan artistik dan perspektif kreatif.

Diharapkan melalui cara-cara yang lebih menarik itu generasi muda dapat lebih memahami nilai-nilai luhur Pancasila serta mampu melaksanakan peran dan tanggung jawabnya untuk menjunjung tinggi ideologi bangsa dan negara. 

Adapun gelaran lomba dimulai sejak 8-26 Juni 2022, yaitu Lomba Mewarnai untuk usia PAUD-SD serta Lomba Kreasi Post Story Instagram dengan menggunakan fitur stiker di Instagram untuk usia SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan masyarakat umum. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Instagram Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI @cerdasberkarakter.kemdikbudri.

Baca juga: Nadiem: Perjuangan Buya Syafii Lahirkan Pelajar Pancasila Kami Lanjutkan

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id