comscore

Youtuber dan Hafiz Bisa Dapat Beasiswa di Kedokteran UPN Veteran, Ini Syaratnya

Medcom - 22 Januari 2022 00:22 WIB
Youtuber dan Hafiz Bisa Dapat Beasiswa di Kedokteran UPN Veteran, Ini Syaratnya
Kepala SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti, saat membuka Edufair melalui daring. Foto: SMAN 8 Jakarta
Jakarta: Youtuber dan penghafal Al-Quran atau hafiz memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta. Selain keduanya, UPN Veteran Jakarta juga memberi kesempatan beasiswa bagi ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS).

"Sejak 2019 kami memberikan kesempatan bagi youtuber, hafiz, dan ketua OSIS untuk kuliah di UPN Veteran Jakarta. Prestasi ini akan diberi poin khusus yang menambah bobot nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang sebelumnya sudah diikuti peserta," ujar Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Kerja Sama FK UPN Veteran Jakarta, Nunuk Nugrohowati, melalui keterangan tertulis, Jumat, 21 Januari 2022.
Pernyataan Nunuk ini diungkapkan saat menjadi pembicara dalam Education Fair (Edufair) SMAN 8 Jakarta. Pembicara lain dalam webinar via Zoom ini adalah dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI), Suradi.

Adapun syarat bagi youtuber untuk mendapatkan beasiswa adalah memiliki paling sedikit 10 ribu pengikut atau subscriber. Bagi hafiz, FK UPN Veteran Jakarta mensyaratkan minimal hafal 10 juz Al-Quran. Sedangkan bagi ketua OSIS, minimal mereka harus menjabat satu periode. 

UPN Veteran Jakarta juga membuka kesempatan beasiswa bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional dalam tiga tahun terakhir.

Baca: Anak Sopir Taksi Online Ini Berhasil Lanjutkan Studi S2 di Amerika

Kepala Sekolah SMAN 8, Rita Hastuti, mengapresiasi UPN Veteran yang menawarkan banyak beasiswa. Rita juga berterima kasih karena pihak UPN Veteran mau tampil di Edufair.

"Kehadiran UPN Veteran Jakarta menambah wawasan. Bukan saja bagi kami, tetapi juga bagi orang tua dan siswa. Artinya, semakin luas peluang siswa untuk mendapatkan PTN bermutu,” kata Rita.

Hitung rinci biaya

Dosen ATVI, Suradi, menjelaskan mengenai serba-serbi pembiayaan di 10 perguruan tinggi negeri (PTN). Menurutnya, soal ini sangat penting agar para orang tua dan calon mahasiswa memperhitungkan secara rinci biaya kuliah dan biaya hidup bila memilih PTN di luar kota. 

"Keberlangsungan studi itu sangat penting. Jadi, aspek keuangan ini tidak boleh diabaikan," katanya.

Suradi juga mengingatkan orang tua dan calon mahasiswa untuk rajin mencari beasiswa. Menurutnya, banyak PTN yang memberikan kesempatan beasiswa. Baik itu beasiswa yang bekerja sama dengan institusi maupun dengan swasta. 

"Yang penting anak-anak kita lulus seleksi dulu. Ini juga penting," katanya.

Baca: Siap-siap Menuju OSC Awards 2021

Suradi yang pernah mengajar di SMAN 8 Jakarta ini juga mengingatkan orang tua dan siswa harus satu suara dalam hal menentukan PTN dan prodi. "Jangan sampai konflik ini akan menghambat strategi memilih PTN dan prodi," ujar dia.

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id