Mayoritas Lulusan MAN IC Serpong Berhasil Tembus Kampus Negeri

    Arga sumantri - 22 Juni 2021 20:13 WIB
    Mayoritas Lulusan MAN IC Serpong Berhasil Tembus Kampus Negeri
    Gedung MAN Insan Cendekia Serpong. Foto: Dok Kemenag.



    Jakarta: Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong tahun ini mewisuda 128 siswanya. Sebanyak 105 siswa atau setara 82 persen, melanjutkan kuliah, baik perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

    Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit mengatakan, pihaknya masih merekapitulasi siswanya yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi. Yang jelas, hingga saat ini, sudah banyak siswa lulus di berbagai perguruan tinggi dalam negeri, melalui berbagai jalur.

     



    "Paling banyak diterima di ITB (Institut Teknologi Bandung), sampai saat ini tercatat sudah ada 26 siswa, lalu 12 siswa di UGM (Universitas Gadjah Mada), dan 10 siswa masuk di UI (Universitas Indonesia)," ujar Abdul Basit mengutip siaran pers Kemenag, Selasa, 22 Juni 2021.

    Ia memerinci, sembilan siswa lolos ke Universitas Padjajaran (Unpad), sembilan siswa masuk Universitas Brawijaya (UB), dan enam siswa berhasil lolos ke Universitas Diponegoro (Undip). Lalu, ada lima orang masuk Universitas Sebelas Maret (UNS), empat siswa di Universitas Airlangga, dan empat siswa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

    Baca: 19 Siswa MAN IC OKI Lolos ke KSN Provinsi 2021

    Sebanyak tiga siswa yang lolos ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Ada juga yang berhasil masuk Universitas Udayana (Unud), Universitas Lampung (Unila), IPB University, dan kampus lainnya.

    Selain itu, lanjut Basit, ada tiga lulusan MAN IC Serpong tahun 2021 yang meraih beasiswa penuh di Jepang. Mereka diterima pada program internasional di Tokyo International University, Kyushu University, dan Ritsumeikan University. Ada juga satu siswa yang melanjutkan kuliah jurusan Business di University of Minnesota Twin Cities – USA.

    Basit mengatakan, data yang sudah direkapitulasi ini adalah kelulusan dari enam jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 25 siswa, Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dua siswa, dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 71 siswa.

    Lalu, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dua siswa, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) satu siswa, dan Seleksi Perguruan Tinggi Luar Negeri empat siswa.

    "Kami masih menunggu pengumuman seleksi jalur mandiri," ujarnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id