Pensi Pelajar Indonesia, Pertemukan Siswa dari Sabang Sampai Merauke

    Arga sumantri - 23 Juli 2021 20:17 WIB
    Pensi Pelajar Indonesia, Pertemukan Siswa dari Sabang Sampai Merauke
    Pensi Pelajar Indonesia. Dok Skolla.



    Jakarta: Skolla, aplikasi belajar yang menghadirkan ekosistem belajar berbasis komunitas, menggagas kegiatan Pensi Pelajar Indonesia. Ini merupakan pentas seni (pensi) daring yang mempertemukan pelajar se-Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

    Dalam kesempatan ini, pelajar dari ujung barat Indonesia, Cut Putri Inayatsyah dari SMAN 4 Banda Aceh, dipertemukan dengan pelajar dari ujung timur Indonesia, Annisa Apriliani Salsabila dari SDIT Al-Ma'arif Merauke. 

     



    Acara ini turut didukung beberapa mitra penyelenggara, seperti Bimbel Nurul Fikri, Medcom.id, OSC, LINE, Quizizz, Dompet Dhuafa, Lokalate Nutrifood, dan lain-lain. Acara berlangsung bertepatan dengan liburan kenaikan kelas, pada 10 Juni hingga 10 Juli 2021.

    Pelajar antusias mengikuti rangkaian kegiatan, seperti Lomba Seni, yaitu Cover Lagu, Poster Kreatif, Short Video, Foto Kreatif, dan Menulis Kreatif serta Olimpiade PAT yang dibuka untuk siswa kelas 4 SD hingga 12 SMA. Total hadiah ratusan juta rupiah dan beasiswa disediakan sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah Merdeka Belajar.

    Baca: OSC Medcom.id Ikhtiar Media Group Bekali Generasi Penerus Bangsa

    Perlombaan dan seluruh rangkaian acara yang terdiri dari live talkshow, webinar, quiz berhadiah, special performance, dll. disambut meriah puluhan ribu partisipasi pelajar se-Indonesia. Salah satu sesi live talkshow acara ini mengangkat topik 'Raih Mimpimu Bersama Beasiswa OSC' dengan pembicara Head of Corporate Communications Medcom.id Herfindo Satria Gading.

    Setelah sekitar satu bulan berlangsung, acara puncak Pensi Pelajar Indonesia yang bertajuk 'Konser Semangat Kembali Bersekolah' diisi para bintang tamu nasional. Misalnya, Hanin Dhiya (finalis Rising Star Indonesia), Irsyad Al Ghifari (millennial influencer) yang mengisi sesi 'Belajar Bareng Influencer', dan Hilmi Al Kayyis (content creator) sebagai host. Ketiganya sukses menghibur seluruh pelajar yang hadir dari berbagai wilayah Indonesia.

    Pada acara puncak, diumumkan juga pemenang perlombaan. Juara 1 Cover Lagu berhasil disabet oleh Eunoia Project, grup musik asal SMPN 2 Tulungagung, yang beranggotakan Litan, Mayla, Indra, dan Izar. 

    Juara 1 Short Video dimenangkan oleh Zainul Hadi Wildan Ismail, siswa SMA Ibrahimy Sukorejo Situbondo, dengan judul 'Tipe-Tipe Siswa Ujian Online'.  Juara 1 Poster Kreatif dimenangkan oleh Aidah Rahmah Zahrani yang bertema 'Protokol Kesehatan Sekolah Tatap Muka' dari SMAN 1 Cikarang Pusat.

    Baca: Tahun Ajaran Baru: Saatnya Menemukan Passion Baru!

    Juara 1 Menulis Kreatif dimenangkan oleh Agustina Dwi A dan Ahya Ainun K dari SMAN Badegan Ponorogo dengan judul karya 'Pendekatan Berbasis Game Student Legend Guna Mewujudkan Sekolah Masa Depan yang Berwawasan Teknologi Kekinian'. Terakhir, juara 1 Foto Kreatif dimenangkan atas nama Elvina Fidela dari SMAK 1 BPK PENABUR Bandung. 

    Selain juara 1, para peserta juga memiliki kesempatan untuk menyabet posisi juara 2 dan 3, harapan 1 dan 2, serta favorit 1 hingga 5 untuk tiap cabang lomba seni. Selain keapikan karya, pemenang juga dinilai berdasarkan hasil voting karya yang diikuti ribuan pelajar menggunakan platform LINE Today sebagai mitra penyelenggara acara. 

    Pensi Pelajar Indonesia juga mengumumkan pemenang dari kategori Olimpiade PAT. Juara 1 Olimpiade PAT untuk jenjang SD dimenangkan oleh Gabriella Natalia dari SD Pangudi Luhur 1 Surakarta. 

    Untuk jenjang SMP, dimenangkan oleh Starleen Julivyanti dari SMPK 1 BPK Penabur Bandung. Kemudian untuk jenjang SMA dimenangkan oleh Aqila Azzahra dari SMAN 5 Surabaya. Terdapat juga juara 2 dan 3 serta peringkat 4 hingga 10 untuk tiap jenjangnya.

    Pensi Pelajar Indonesia telah mengumpulkan pelajar se-Indonesia untuk saling berjejaring, belajar dan bersukaria menyambut tahun ajaran baru. Puncak acara Pensi Pelajar Indonesia sekaligus menjadi ajang untuk membuka Komunitas Belajar Seru Poll (Kombespoll), sebuah komunitas belajar yang didampingi tutor profesional, gratis untuk seluruh siswa di Indonesia dan telah menghimpun ratusan ribu pelajar dari seluruh Indonesia. 

    Harapan besar Skolla dan seluruh mitra penyelenggara adalah benar-benar dapat membangun gerakan Pendidikan yang dapat membantu mewujudkan Merdeka Belajar untuk seluruh siswa di Indonesia tanpa terkecuali melalui Kombespoll yang akan selalu menghadirkan kegiatan belajar menyenangkan setiap harinya sebagai bentuk keberlanjutan dari acara Pensi Pelajar Indonesia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id