Kemenristek Luncurkan Startup Inovasi Indonesia

    Menristek: SSI Siap Bina Startup Indonesia Jadi Scale-Up

    Ilham Pratama Putra - 05 Maret 2020 13:44 WIB
    Menristek: SSI Siap Bina <i>Startup</i> Indonesia Jadi <i>Scale-Up</i>
    Menristek, Bambang Brodjonegoro launching SSI di BPPT Jakarta (5/3). Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
    Jakarta:  Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), meluncurkan program Startup Inovasi Indonesia (SII). Program ini digadang-gadang bakal membantu perusahaan Startup untuk melakukan Scale-up (pengembangan usaha).

    "Lewat SSI ini akan dibina, ada yang calon jadi Startup, dari Startup jadi Scale up. Kemudian yang Scale-up kita dorong bertemu dengan investor," kata Menristek, Bambang Brodjonegoro, di Gedung BPPT Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

    Bambang menyebutkan, sejatinya SSI merupakan bentuk baru dari Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT).  Program ini telah berjalan selama lima tahun dan telah membina sebanyak 1.307 Startup.

    Bambang berharap, tahun depan akan makin banyak Startup yang bisa dibina, karena hal itu dapat mendorong kemajuan teknologi sekaligus memajukan ekonomi bangsa.

    "Jadi akan menjadi entrepreunership di tingkat awal. Jadi kita bikin bisnis mapping antara startup dengan venture capital. Venture capital bukan hanya perusahaan yang kecil tapi bank, BUMN juga kan punya venture," ujarnya.

    Pendaftaran SSI dimulai hari ini melalui laman ssi.ristekbrin.go.id. Pendaftaran bakal berlangsung selama tiga minggu ke depan.  Nantinya peserta akan mendapat pendampingan dalam bentuk inkubasi. Disediakan 87 inkubator untuk para peserta.

    "Belajar mengenai bisnisnya itu sendiri karena mereka punya semangat dan ide, tapi mereka kurang terinfo soal bisnisnya. Jadi inkubatornya bisa membuat mereka lulus. Jadi mereka guru atau mentor yang tugasnya meluluskan mereka. Muridnya startup," pungkas dia.

    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id