Sekolah Terdampak Banjir Bisa Ajukan Simulasi UNBK Susulan

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 25 Februari 2020 15:15 WIB
    Sekolah Terdampak Banjir Bisa Ajukan Simulasi UNBK Susulan
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Ratusan sekolah di wilayah Jakarta dan Bekasi terpaksa meliburkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akibat bangunan sekolah terdampak banjir.  Selain mengganggu KBM juga membuat simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di jenjang Sekolah Menengah Atas dan Madrasah terganggu tidak bisa dilaksanakan.

    Namun sekolah tidak perlu khawatir, Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Doni Koesoema mengatakan, simulasi UN yang bersifat wajib ini dapat dijadwal ulang.   "Jadwal simulasi tinggal dikomunikasikan dengan kepala dinas dan dikomunikasikan dengan Pusat Asesmen dan Pembelajaran untuk dijadwalkan ulang," terang Doni kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020.

    Lebih lanjut Doni menyampaikan, bahwa simulasi UNBK wajib digelar sekolah untuk mencegah adanya siswa yang belum memahami cara mengikuti UNBK.  Simulasi ini sendiri tidak hanya diperuntukkan bagi siswa, tetapi juga guru.

    Baca juga:  Simulasi UN di Sekolah Terdampak Banjir Terpaksa Dibatalkan

    Khusus untuk guru, terang Doni, akan mengikuti simulasi yang terkait dengan soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum yang rencananya akan menjadi sistem evaluasi belajar nasional pengganti UN di 2021.  "Untuk guru, latihannya terkait dengan soal-soal Asesmen Kompetensi Minimal. Sedangkan untuk siswa, selain pembiasaan tentang komputer UNBK, juga ada latihan untuk soal-soal asesmen kompetensi minimal," terang Doni.

    Doni sekaligus mengingatkan, bahwa di UN 2020 atau UN terakhir nanti akan diselipkan beberapa butir soal Asesmen Kompetensi Minimum.  Namun soal tersebut hanya bersifat uji coba, sehingga tidak diperhitungkan sebagai nilai dalam UNBK.

    Baca juga:  Banjir, Simulasi UN di Jakarta Bakal Dijadwalkan Ulang

    Sebelumnya diberitakan, musibah banjir yang menggenang di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) turut berdampak pada terganggunya sejumlah kegiatan pendidikan.  Salah satunya agenda simulasi Ujian Nasional (UN) yang dijadwalkan digelar pada 25-26 Februari 2020 pun terpaksa dibatalkan akibat banjir.

    Tercatat sebanyak 159 sekolah di Provinsi DKI Jakarta terpaksa diliburkan. Sedangkan Bekasi ada 62 sekolah yang memilih meliburkan KBM-nya



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id