Dilebur ke Dalam BRIN, LAPAN Harapkan Perbaikan Pengelolaan Dana Penelitian

    Ilham Pratama Putra - 07 Mei 2021 14:50 WIB
    Dilebur ke Dalam BRIN, LAPAN Harapkan Perbaikan Pengelolaan Dana Penelitian
    Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto



    Jakarta:  Pemerintah berencana melebur empat lembaga penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap ke dalam Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Empat lembaga itu adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), serta Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

    Peleburan itu didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) 33/2021 tentang BRIN. LAPAN menyatakan akan mendukung aturan tersebut.

     



    "Kalau Lapan itu kebijakan kita mendukung saja. Mendukung keputusan pemerintah," kata Kepala Humas Lapan, Jasyanto kepada Medcom.id, Jum'at 7 Mei 2021.

    Namun dia berharap peleburan ini membawa kemajuan bagi lembaga litbangjirap. Salah satunya pengelolaan dana yang lebih baik.

    "Tentu dengan dikuatkannya BRIN bersama lembaga itu untuk pengelolaan dana penelitian yang lebih baik lagi dengan sinergitas antarlembaga yang sudah terbentuk," jelasnya.

    Baca juga:  Jumlah Proposal UNS yang Lolos Pendanaan PKM Meningkat

    Dia pun berharap bahwa dunia iptek di Indonesia akan terus mengalami peningkatan yang signifikan. Mulai dari kehadiran produk-produk yang inovatif dan diterapkan oleh seluruh komponen yang bergabung dalam BRIN tersebut.

    "Sebagai lembaga jirap, Lapan akan terus mendukung seluruh inovasi teknologi untuk mencapai kejayaan di Tanah Air," tutupnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id